Jakarta (ANTARA) - Informasi terkait dukungan perbankan dalam pembiayaan panel surya hingga kondisi pasar bursa dalam negeri yang merosot menjelang libur Lebaran menjadi berita terpopuler di kanal ekonomi Antaranews.com sepanjang Selasa (11/5/2021).

Berikut lima berita populer ekonomi selengkapnya:


1. Bank Mandiri siapkan pembiayaan ekosistem panel surya

Bank Mandiri menyepakati kerja sama dengan PT Len Agra Energy dan SKK Migas serta didukung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Dewan Energi Nasional untuk terus memperkuat ekosistem panel surya guna mendukung agenda pengembangan energi baru dan terbarukan di Tanah Air.

Bank Mandiri akan menyiapkan pembiayaan dengan skema kartu kredit atau pinjaman tanpa agunan yang murah dan dapat dicicil bagi nasabah untuk pemasangan panel surya.

Baca selengkapnya di sini.


2. IHSG terkoreksi jelang libur Lebaran

Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) terkoreksi jelang libur cuti bersama Lebaran 2021.

IHSG dibuka melemah 9,94 poin atau 0,17 persen ke posisi 5.965,85. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 2,38 poin atau 0,27 persen ke posisi 886,13.

Baca selengkapnya di sini.


3. Harga emas naik lagi 6,3 dolar AS

Harga emas menguat lagi setelah angka pertumbuhan pekerjaan Amerika Serikat yang mengecewakan membebani dolar dan mendorong ekspektasi bahwa suku bunga acuan akan tetap rendah.

Kontrak harga emas paling aktif untuk pengiriman Juni di Divisi Comex New York Exchange terangkat 6,3 dolar AS atau 0,34 persen menjadi ditutup pada 1.837,60 dolar AS per ounce.

Baca selengkapnya di sini.


4. Dolar melemah dipicu ekspektasi inflasi meroket

Dolar melemah mendekati posisi terendah dalam 10 pekan terakhir saat para investor bertaruh bahwa kenaikan inflasi akan mengikis nilai mata uang karena Federal Reserve Amerika Serikat mempertahankan kebijakan moneternya yang longgar.

Baca selengkapnya di sini.


5. Menhub apresiasi Pelni atas pelayanan di masa peniadaan mudik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat di masa peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hingga hari keenam sejak masa peniadaan mudik yang diberlakukan pada 6 Mei 2021, Pelni hanya mengangkut sebanyak 1.992 penumpang non mudik memenuhi ketentuan perjalanan yang diatur dalam Surat Edaran Kasatgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021.

Baca selengkanya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021