Arus lalu-lintas malam lebaran di Banda Aceh padat

id Aceh,pawai,takbir,pemerintah,aceh terkini

Arus lalu-lintas malam lebaran di Banda Aceh padat

Ilustrasi suasana di Terminal Bis Banda Aceh. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Banda Aceh (ANTARA) - Masyarakat di Banda Aceh dan Aceh Besar memadati sejumlah ruas jalan protokol di Banda Aceh pada malam hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, meski pawai takbir keliling tidak digelar karena pandemi Covid-19.

“Kami ke Banda Aceh biasanya untuk melihat langsung pawai takbir keliling dan mobil hias yang digelar pada malam lebaran yang di pusatkan di Halaman depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh,” kata Anwar, warga Aceh Besar, Rabu malam.

Baca juga: Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor bubarkan takbir keliling jalur Puncak

Meski pawai takbir ditiadakan namun dia yang datang bersama keluarga juga ingin menikmati suasana malam lebaran di pusat ibu kota Provinsi Aceh itu.

Pantauan ANTARA di lapangan, meskipun di tengah pandemi beberapa titik tetap ramai seperti Jembatan Pante Pirak, Masjid Raya Baiturrahman, Pasar Aceh, dan beberapa titik lain.

Baca juga: Sahut-sahutan takbiran mesjid-mesjid di Kabupaten Batanghari

Masyarakat juga terlihat banyak berbelanja kebutuhan lebaran seperti pakaian, kue lebaran, dan lain-lain.

Sebelumnya, Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh meniadakan pawai takbir keliling Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Mengingat pandemi masih berlangsung maka pawai takbir ditiadakan dan diganti dengan takbir yang dilaksanakn dengan lomba takbir masjid-masjid yang telah ditetapkan,” kata Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, EMK Alidar.

Baca juga: Petugas patroli antisipasi takbiran keliling di Medan

Ia menjelaskan untuk pelaksanaan lomba takbir lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah akan berlangsung di 25 masjid di Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar yang telah ditunjuk dan nanti dewan juri yang akan menilai langsung di setiap masjid.

“Artinya pelaksanaan lomba takbir di masjid merupakan salah satu upaya mengurangi mobilisasi masa pada satu titik tertentu,” katanya.

Baca juga: Takbiran di Masjid Al Azhar Jaksel diadakan tanpa kerumunan

Menurut dia dalam perlombaan takbir lebaran Idul Fitri 2021 tersebut seluruh peserta tetap harus menerapkan protkes dan untuk pelaksanaan tetap di dalam masjid.

Ia menambahkan untuk pelaksanaan takbir tetap dapat dilaksanakan di setiap masjid dan meunasah yang ada di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh.


Pewarta : M Ifdhal
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar