Gubernur Anies kembali ajak warga Jakarta shalat Id di rumah

id Anies Baswedan ,Polda Metro Jaya ,Lebaran

Gubernur Anies kembali ajak warga Jakarta shalat Id di rumah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah), Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kanan) dan Pangkodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memberikan keterangan usai patroli gabungan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (12/5/2021) malam. (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengajak warga DKI Jakarta untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri (Id) 1442 Hijriah di rumah guna menekan penyebaran kasus COVID-19.

"Besok sesuai dengan anjuran usahakan untuk di rumah," kata Anies di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Rabu malam

Namun apabila kondisi rumah tidak memungkinkan untuk shalat Id, Anies meminta warga untuk memilih lokasi Shalat Id yang terdekat dari rumah.

"Bila tidak memungkinkan Shalat Id di rumah baru melakukan shalat Id di luar dan itu pun kami garis bawahi dikerjakan di masjid atau lapangan di dekat rumah," tambahnya.

Anies mengatakan pemilihan lokasi Shalat Id di lokasi terdekat dari rumah akan sangat membantu satgas penanganan COVID-19 untuk pelacakan kontak (tracing).

"Jangan berpergian jauh, jangan mencari lokasi yang jauh, kerjakan di tempat yang dekat. Dengan begitu kita bisa mencegah terjadinya penularan yang lintas wilayah yang pasti akan menyulitkan dari sisi tracing dan lain-lain," pungkasnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Anies usai menggelar patroli gabungan untuk mengantisipasi takbiran keliling di Jakarta pada malam Lebaran 2021 atau Idul Fitri 1442 Hijriah.

Patroli gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran dan Pangkodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Usai patroli, Anies mengungkapkan situasi Ibu Kota kondusif dan tidak ditemukan ada warga yang membandel melakukan takbir keliling.

Polda Metro Jaya juga memberlakukan filterisasi serta "crowd free night" dan penutupam jalan protokol sejak pukul 22.00 WIB untuk membatasi pergerakan warga yang masih membandel melakukan takbir keliling.

Baca juga: Anies: Warga Jakarta tidak mudik sebagai pejuang lawan COVID-19
Baca juga: Pimpinan tiga pilar DKI gelar patroli pengamanan malam takbiran
Baca juga: Anies doakan semua pihak kuat hadapi ujian

 

Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar