Makassar (ANTARA News) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar mengimbau warga tidak membeli jamu dan kosmetik ilegal yang tidak memiliki nomor registrasi resmi dari BBPOM.

Kepala BBPOM Makassar Maringan Silitonga di Makassar, Rabu, mengatakan, banyaknya jamu ilegal yang tidak memiliki nomor registrasi dari BBPOM beredar luas di Kota Makassar, bukan cuma itu beberapa merek kosmetik juga banyak yang ilegal.

"Kami mengimbau agar warga tidak membeli jamu yang tidak memiliki nomor registrasi karena mengandung bahan kimia yang berakibat buruk untuk kesehatan manusia," ujarnya.

Maringan menjelaskan, banyak sarana penjualan obat, toko dan distributor jamu, kosmetik, serta obat tradisional terbukti menjual produk ilegal.

"Makanya kami sita sesuai hasil pemeriksaan. Jumlahnya dan jenisnya cukup banyak. Karena itu, kami minta para penjual obat tradisional dan jamu tak lagi menjual," ucapnya.

Masyarakat, lanjutnya, jangan lagi mengonsumsi produk jamu yang tidak memiliki izin resmi dari BBPOM, sebab itu sangat berisiko bagi kesehatan dan keselamatan konsumen.

Jumlah obat tradisional dan jamu yang disita sebanyak 93 dos dan 240 sachet. Umumnya tidak memenuhi syarat yakni mencantumkan nomor register fiktif, mencantumkan nomor register produk lain, serta mengandung bahan kimia obat.

Semua produk ilegal tersebut disita di sebuah toko berinisial JS di Jalan Somba Opu, serta beberapa toko di Kecamatan Mariso dan Ujungpandang.

Menurutnya, saat ini masih banyak di pasaran beredar jamu dan obat tradisional yang ilegal. Semua jamu dan obat tradisional yang disita menjadi barang bukti dan diproses sesuai aturan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

"Ancamannya pidanan penjara paling lama 15 tahun atau denda Rp 1,5 miliar. Karena itu, semua distributor dan penyalur supaya mematuhi aturan yang berlaku," tegasnya.

Beberapa jamu dan kosmetik yang disita seperti jamu kencing manis Tirta Sehat, Gemuk Sehat Ideal, Kapsul Asam Urat Cap Unta, Ramuan Tradisional Madura Sehat, Sehat Sejati Nyeri Tulang dan Buah Naga Asam Urat.

Selain itu, jenis kosmetik yang disita dengan jumlah yang banyak yakni, lulur made, sampo sadewa dan bedak made serta masker kupu-kupu. (MH/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010