Ditlantas Polda Aceh tes antigen pengunjung pantai cegah COVID-19

id Aceh,COVID-19,Antigen,Tes Usap,Polda Aceh,Ditlantas,Pemerintah Aceh,Provinsi Aceh,Pemprov Aceh

Ditlantas Polda Aceh tes antigen pengunjung pantai cegah COVID-19

Pengunjung pantai menjalani tes usap antigen di Aceh Besar, Minggu (16/5/2021). Antara Aceh/HO/Bidhumas Polda Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Personel Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh melakukan tes usap antigen secara acak pengunjung pantai di Kabupaten Aceh Besar untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani, di Banda Aceh, Senin, mengatakan tes usap antigen merupakan bagian dari Operasi Ketupat Seulawah 2021 yang dilaksanakan Polda Aceh dan jajaran.

Baca juga: Polda Aceh: Lima orang meninggal dunia di jalan raya selama lebaran

"Tes usap antigen dilakukan secara acak terhadap pengunjung Pantai Lampuuk dan Pantai Kuala, di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Ia mengatakan tes usap antigen bekerja sama dengan Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) Polda Aceh. Tes usap dilakukan terhadap 160 pengunjung pantai dan tidak dipungut biaya.

Baca juga: Polda: Mulai 18 Mei, masuk Aceh wajib bawa surat tes antigen

"Di Pantai Lampuuk ada 85 pengunjung menjalani tes usap. Hasilnya semua nonreaktif. Sedangkan di Pantai Kuala ada 75 orang yang diperiksa, 74 orang di antaranya nonreaktif, dan satu orang reaktif," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan itu mengatakan seorang yang reaktif tersebut dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Apabila saat isolasi ada gejala, maka diarahkan berobat ke rumah sakit.

Selain melakukan tes usap antigen, kata dia, personel Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh juga membagikan masker kepada pengunjung dan menyosialisasikan protokol kesehatan.

Baca juga: Polda Aceh: 22 pemudik tes COVID-19 di perbatasan, seorang reaktif

"Protokol kesehatan merupakan cara efektif memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19. Karena itu, kami terus mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumunan, serta sering mencuci tangan," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar