Untuk pemudik hari ini mulai agak meningkat
Jakarta (ANTARA) - Calon penumpang hendak mudik memadati Terminal Bus Kalideres di Jakarta Barat, Selasa, menyusul berakhirnya masa larangan mudik pemerintah pada Senin (17/5).

"Untuk pemudik hari ini mulai agak meningkat," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain di Kalideres, Jakarta Barat, Selasa.

Menurut dia, arus mudik pada Selasa (18/5) didominasi tujuan Sumatera di antaranya Padang dan Lampung serta beberapa kota di Jawa Tengah.

Peningkatan arus mudik usai Lebaran itu, kata dia, terjadi mengingat Pelabuhan Merak sudah dibuka setelah masa larangan mudik berakhir pada 17 Mei 2021.

Baca juga: Hari ke-6 larangan mudik, Terminal Kalideres berangkatkan 2 penumpang

Adapun saat ini masuk periode pengetatan perjalanan dengan menyertakan keterangan negatif COVID-19 yang diambil dalam waktu 1X24 jam mulai 18-24 Mei 2021 tanpa perlu ada surat izin keluar masuk.
Kepadatan calon penumpang di area keberangkatan dan penjualan tiket bus setelah masa larangan mudik berakhir pada Senin (17/5) di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (18/5/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna.


Sementara itu, pantauan ANTARA di Terminal Kalideres, kepadatan ratusan calon penumpang berada di area keberangkatan.

Mereka juga memadati agen penjualan tiket bus antarkota antarprovinsi (AKAP) untuk langsung membeli tiket berangkat.

Sedangkan penumpang tiba hingga pukul 10.00 WIB sekitar 49 orang, mayoritas dari Banten dan Jawa Tengah yang diperkirakan sebagian dari mereka turun tidak di terminal.

Baca juga: Terminal Kalideres antisipasi terminal bayangan dengan manifes

"Sebagian mungkin turun di jalan," imbuh Revi.

Tak hanya penumpang yang tiba, petugas terminal secara acak juga meminta calon penumpang yang akan berangkat juga dites usap antigen dan GeNose.

Sejumlah calon pemudik mengaku memilih berangkat pada saat arus balik karena mengikuti periode larangan mudik pemerintah mulai 6-17 Mei 2021.

"Kemarin ada larangan mudik, jadi saya mengikuti saja dulu dan sekarang sudah dibuka, saya pulang," kata calon pemudik Wendi Saputra yang akan berangkat ke Padang.

Baca juga: 27 orang berangkat ke Jawa Tengah dan Jawa Timur dari Kalideres

Senada dengan Wendi, calon pemudik lain yakni Risa Apriliani mengaku akan mudik ke Lampung setelah cuti dikabulkan tempatnya bekerja.

"Dapat cuti baru sekarang, sekaligus larangan mudik sudah tidak ada makanya saya pulang karena sudah tiga tahun tidak mudik," katanya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021