Kemudian, Kayong Utara ini tahun 2016 merupakan tuan rumah Sail Selat Karimata
Pontianak (ANTARA) - Wakil Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar), melakukan pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Saluhudin Uno untuk membahas dan kolaborasi pariwisata di kabupaten yang berjuluk Negeri Bertuah tersebut.

“Kami baru saya melakukan pertemuan dengan Bapak Menteri tadi pagi sekitar pukul 10.30 WIB di Balairung Soesilo Soedirman Gedung Sapta Pesona Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 17 Jakarta Pusat. Saya didampingi Ihwani Kepala Bidang Pariwisata, memaparkan kemajuan dan capaian yang telah dilakukan dalam pengembangan pariwisata di lingkungan Kabupaten Kayong Utara,” ujar Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan saat presentasi di depan Menparekraf, pihaknya menjelaskan tentang destinasi wisata di Kayong Utara yang memiliki banyak potensi mulai dari Taman Nasional Gunung Palong hingga Pulau Karimata yang masuk dalam cagar alam laut.

"Kemudian, Kayong Utara ini tahun 2016 merupakan tuan rumah Sail Selat Karimata," kata dia.

Baca juga: Mendes: Sail Karimata momentum bangkitkan daerah tertinggal

Ia menyebutkan Kayong Utara memiliki 103 pulau dan yang berpenghuni hanya 14 Pulau. Sisanya kosong dan ada juga yang dimanfaatkan menjadi pulau konservasi untuk penangkaran penyu.

Wisata unggulan lainnya, menurut dia, adalah Pantai Pulau Datok Sukadana yang berada di tengah ibu kota kabupaten, Sukadana.

Mendengar paparan itu, kata dia, Menparekraf Sandiaga Uno merasa takjub dan baru mengetahui kalau Karimata berada di Kayong Utara.

"Jadi Karimata yang terkenal itu ada di Kayong Utara ya?," tanya Menparekraf Sandiaga Uno.

Atas paparan yang telah disampaikan wakil Bupati, Menparekraf berjanji akan membahasnya dengan direktorat terkait, terutama Direktorat Destinasi Kemenparekraf.

Baca juga: Presiden Jokowi buka Sail Karimata 2016

Baca juga: Sail Karimata mantapkan Indonesia poros maritim dunia

Pewarta: Dedi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021