Lembaga Kemanusiaan Internasional serahkan bantuan bagi Palestina

id Bantuan bagi palestina,Palestina,Lembaga Kemanusiaan Internasional Networking for Humanistarian (INH)

Lembaga Kemanusiaan Internasional serahkan bantuan bagi Palestina

Presiden Direktur Internasional Networking for Humanitarian (INH) Luqmanul Hakim menyerahkan bantuan kemanusian kepada Kedubes Palestina Zuhair al-Shun di Jakarta, Rabu (19/5/2021). ANTARA/HO/INH.

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Internasional Networking for Humanistarian (INH) menyerahkan donasi bantuan bagi korban konflik di Palestina melalui Kedutaan Besar Palestina di Jakarta pada Rabu.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, bantuan sebesar Rp100 juta ini merupakan hasil penggalangan dana aksi kemanusiaan sejak terjadinya agresi militer Israel di Jalur Gaza, Palestina.

"INH bekerja sama dengan kantor perwakilan Palestina dalam hal ini Kedubes Palestina menyerahkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp100 juta, semoga bantuan yang kita salurkan ini bisa meringankan beban penderitaan masyarakat Palestina yang sedang mengalami krisis kemanusiaan akibat perang," ujar Presiden Direktur INH, Luqmanul Hakim.

Baca juga: PMI segera salurkan donasi publik untuk Palestina

Baca juga: Pemerintah diminta tidak buka hubungan diplomatik dengan Israel


Selain menyalurkan donasi, INH juga telah mendistribusikan obat-obatan dan logistik pangan. Penyalurannya diserahkan langsung ke kantor perwakilan INH yang ada di Jalur Gaza, Palestina sejak akhir Ramadhan.

"Sejak agresi militer Israel akhir Ramadhan kemarin, kami sudah mendisrtibusikan bantuan berupa obat-obatan dan logistik pangan langsung ke Gaza melalui relawan INH di sana bersama Muhammad Husein aktivis kemanusiaan asal Indonesia di Gaza yang juga sebagai Founder INH," kata dia.

Sementara itu, Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun berterima kasih atas segala bantuan yang diberikan masyarakat Indonesia, salah satunya dari INH.

Menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga Palestina yang saat ini sedang mengalami penderitaan akibat agresi militer Israel.

"Kami ucapkan terima kasih banyak kepada INH atas donasinya yang diberikan kepada kami. Donasi ini akan segera kita salurkan kepada rakyat Palestina yang membutuhkan," katanya.

Menurutnya, bantuan yang diterima dari rakyat Indonesia, semuanya akan disalurkan kepada rakyat Palestina, baik yang ada di Jalur Gaza maupun di Tepi Barat.

Baca juga: Kemenag tegaskan Indonesia tetap dukung perjuangan rakyat Palestina

Baca juga: Berpijaklah pada kebenaran sebelum bersikap soal Israel dan Palestina


"Indonesia di mata Palestina sebagai negara yang sangat peduli, kami tidak pandang bulu, baik itu Fatah atau Hamas, selama mereka rakyat Palestina, mereka berhak menerimanya, kami akan salurkan sebagaimana mestinya," kata.

Mengenai kondisi Palestina saat ini, Zuhair menjelaskan gelora perlawanan terhadap Israel terus membara, baik di Tepi Barat maupun Jalur Gaza, meski serangan balasan yang diterima berkali lipat.

"Semoga peperangan ini segera dihentikan dan kemerdekaan untuk Palestina bisa segera terwujud," katanya.

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar