DKI kemarin, 148 orang reaktif saat arus balik hingga pejabat mundur

id 148 Pemudik Reaktif,Pasar Tanah Abang Buka,PNS DKI,Pemudik Positif COVID-19,Vaksinasi Gotong Royong,Pejabat Mundur,Kepala BPAD DKI

DKI kemarin, 148 orang reaktif saat arus balik hingga pejabat mundur

Petugas memeriksa tes antigen kepada warga yang kembali ke Jakarta, guna mencegah penyebaran COVID-19 usai liburan lebaran di Kelurahan Kampung Makasar, Jakarta Timur, Rabu (18/5/2021). (ANTARA/HO-Ditlantas Polda Metro Jaya)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa di Jakarta dan sekitarnya dimonitor, direkam, kemudian disiarkan oleh tim redaksi Metropolitan Kantor Berita ANTARA pada Rabu (19/5) dan masih layak dibaca pada Kamis ini.

Mulai dari informasi mengenai 148 orang dinyatakan reaktif saat penyekatan arus balik lebaran, kondisi Tanah Abang di hari pertama operasi, pemudik positif COVID-19, Vaksinasi Gotong Royong, hingga pejabat DKI yang dikabarkan mundur.

Berikut rangkuman informasi di Jakarta yang disiarkan ANTARA pada Rabu (19/5):

1. Hasil tes cepat, 148 orang reaktif COVID-19 di Posko Arus Balik

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan pemeriksaan di Posko Terpadu Pemeriksaan Tes Cepat (Rapid Test) Antigen di Jalan Tol Kilometer 34 Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, telah mendeteksi 148 penumpang arus balik reaktif COVID-19.

Sebanyak 148 orang tersebut terjaring oleh petugas di Posko Terpadu Pemeriksaan Rapid Test Antigen saat arus balik dari kampung halaman menuju Jakarta.

“Ditemukan 148 orang yang positif atau reaktif. Mereka dirujuk ke Wisma Atlet ada 57 (orang). 17 (orang) lainnya ke rumah sakit lain dan ada 74 (orang) yang melakukan isolasi mandiri (di rumah),” ujar Anies usai melakukan inspeksi pemeriksaan tes cepat (rapid test) antigen di Jalan Tol Km 34, Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Selengkapnya di sini.

2. Hari pertama dibuka, Pasar Tanah Abang lengang pengunjung

Jakarta (ANTARA) - Blok A dan B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, masih lengang pengunjung pada hari pertama pusat tekstil ini dibuka setelah ditutup sementara selama sepekan pada 12-18 Mei 2021.

Salah satu pedagang busana muslim, Opik (35) mengaku meski baru sekitar 20 persen toko yang dibuka, ia bersyukur ada saja pembeli yang masih berbelanja.

"Ya walaupun hanya belanja 1-2 potong, lumayan ada yang beli. Memang biasanya kalau ramai itu grosir, tapi maklum namanya juga hari pertama buka," kata Opik kepada ANTARA di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu.

Selengkapnya di sini.

3. 239 PNS DKI dianggap tak dukung peremajaan jabatan

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganggap 239 aparatur sipil negara (ASN) DKI Jakarta tidak mendukung peremajaan jabatan karena menolak ikut lelang 17 jabatan tingkat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meski telah memenuhi syarat.

"Jadi kami (Pemprov DKI) ingin agar terus ada peremajaan, di kesempatan ini dibuka untuk semuanya agar bisa ada peremajaan di DKI. Mereka diharuskan daftar biar mereka banyak yang baru-baru. Ya karena itu mereka ditegur," kata Anies saat ditemui wartawan di RW 05 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

4. Dua pemudik di Kebayoran Lama positif COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Dua warga di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang baru kembali ke Ibu Kota setelah mudik Lebaran, positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap antigen oleh kepolisian setempat.

"Kami melakukan tes usap antigen keliling atau 'door to door' terhadap pemudik yang sudah kembali ke Jakarta," kata Kepala Polsek Kebayoran Lama Komisaris Polisi Donni Bagus Wibisono di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

5. 500.000 dosis tersedia untuk Vaksinasi Gotong Royong di Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan telah tersedia sebanyak 500 ribu dosis untuk program Vaksinasi Gotong Royong di Jakarta.

"Informasi yang kami terima, program ini direncanakan 20 juta dosis (nasional). Alhamdulillah mudah-mudahan secara bertahap sekalipun baru 500.000 dosis, kita bersyukur itu sangat membantu kami di DKI Jakarta," kata Riza dalam acara sosialisasi sentra Vaksinasi Gotong Royong BUMN dan KADIN Indonesia di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

6. Sembilan faskes di DKI ditunjuk jadi lokasi Vaksinasi Gotong Royong

Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menunjuk sekitar sembilan fasilitas kesehatan (faskes) di daerah ini sebagai penyelenggara program Vaksinasi Gotong Royong.

Kepala Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan sembilan faskes tersebut diverifikasi oleh pihaknya dengan asesmen sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan.

"Sekarang sudah ada surat penunjukan sembilan faskes tersebut dari Kemenkes yang menyebutkan RS atau klinik mana saja yang menjadi faskes untuk vaksinasi," kata Ngabila saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

7. Kepala Pengelola Aset DKI dikabarkan mundur

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta Pujiono dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya per tanggal 17 Mei 2021.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Maria Qibtya.

"Iya betul," kata Maria tanpa menjelaskan lebih lanjut alasannya, dalam pesan singkatnya pada pers di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar