Gubernur Kalteng terpilih dilantik di Istana Negara 25 Mei

id istana negara,pelantikan gubernur kalteng,sugianto sabran - edy pratowo

Gubernur Kalteng terpilih  dilantik di Istana Negara 25 Mei

Sugianto Sabran dan Edy Pratowo dalam penetapan pasangan calon terpilih pemenang Pilkada Kalteng 2020 di Palangka Raya, Jumat (19/2/2021). ANTARA/HO-MMC Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah terpilih pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 yakni Sugianto Sabran-Edy Pratowo rencananya akan dilantik pada 25 Mei 2021 mendatang.

Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri saat dihubungi di Palangka Raya, Jumat, mengatakan dirinya baru menerima informasi dari protokol Istana Negara mengenai informasi tersebut.

"Bahwa pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih pilkada 2020, itu akan dilantik di Istana Negara pada 25 Mei 2021," jelasnya.

Baca juga: KPU tetapkan Sugianto-Edy sebagai paslon terpilih Pilkada Kalteng 2020

Dia menjelaskan gubernur dan wakil gubernur terpilih rencananya akan langsung berada di Istana Negara. Sedangkan kemungkinan adanya siaran melalui media sosial pihaknya masih belum bisa memastikan hal tersebut dan akan dikoordinasikan lebih lanjut.

"Yang hadir di sana terbatas, gubernur dan wakil gubernur terpilih beserta istri. Kemudian dari daerah, di antaranya Ketua DPRD, Kapolda, Danrem atau Pangdam dan beberapa lainnya," ungkapnya.

Sementara itu untuk kegiatan geladi terkait pelantikan tersebut, rencananya sesuai informasi yang pihaknya terima akan dilaksanakan pada 24 Mei 2021 mendatang dan langsung dilakukan disana.

Lebih lanjut untuk puncak peringatan Hari Jadi ke-64 Kalimantan Tengah, saat ini sedang pihaknya koordinasikan bersama pimpinan agar bisa dilaksanakan pada Minggu (23/5).

Baca juga: Sugianto-Edy unggul 33.328 suara dari Ben-Ujang pada Pilkada Kalteng

Untuk diketahui pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu, diikuti sebanyak dua pasang calon, yakni Ben Brahim-Ujang Iskandar serta Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Ben Brahim merupakan Bupati Kapuas dan pasangannya Ujang Iskandar pernah menjabat sebagai Bupati Kotawaringin Barat, sedangkan Sugianto Sabran merupakan petahana Gubernur Kalteng dan pasangannya Edy Pratowo merupakan Bupati Pulang Pisau.

Hingga pada akhirnya setelah melalui tahapan demi tahapan pilkada, pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo berhasil mengungguli raihan suara Ben Brahim-Ujang, sehingga terpilih dan menjadi pemenang.

Baca juga: KPU Kalteng tetapkan nomor urut dua paslon gubernur - wakil gubernur

Pewarta : Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar