Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, melakukan proses topping off (pemasangan atau penutupan atap bangunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi) pembangunan proyek Maritime Tower bernilai kontrak Rp706 miliar.

"Topping off ceremony ini merupakan tonggak penting dari sebuah tahapan pembangunan bangunan tinggi dimana pekerjaan struktur utama telah diselesaikan dengan baik tanpa adanya kecelakaan," kata Direktur Operasi 1 PT PP (Persero) Anton Satyo Hendriatmo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Proyek pembangunan Maritime Tower yang berlokasi di Jakarta ini ditargetkan dapat selesai pada bulan Kuartal III tahun 2021.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh Perseroan, antara lain pekerjaan perencanaan, perijinan, persiapan, pekerjaan landscape, pekerjaan struktur, pekerjaan baja, pekerjaan arsitektur, pekerjaan Mechanical, Electrical & Plumbing (MEP).

Baca juga: PT PP akan jadi andalan di infrastruktur pelabuhan, EPC dan pembangkit

Proyek pembangunan Maritime Tower ini terdiri dari 1 (satu) lantai basement, 6 lantai komersial & parkir, dan 24 lantai tower. Sampai dengan awal Mei 2021, progres pembangunan proyek Martime Tower telah mencapai 78,31 persen.

Bangunan ini juga memenuhi standar green building yang telah disertifikasi oleh lembaga Green Building Council Indonesia (GBCI) dengan peringkat Gold. Bentuk bangunan Maritime Tower memiliki konsep transformasi seperti bentuk kapal phinisi yang menjadi ciri khas tersendiri di lingkungan perkantoran dan komersial di Jakarta Utara.

Pembangunan proyek Maritime Tower ini menggunakan inovasi Dinding Penahan Tanah (DPT) Berlin Wall yang terbuat dari baja IWF 250.125 dan dikombinasikan dengan hollow 50.50 yang berfungsi sebagai rangka perkuatan yang menopang panel beton. Metode DPT ini dilakukan untuk melindungi galian di area GWT/STP dengan material-material alternatif selain sheet pile baja/beton dengan harapan, pemasangannya tidak menimbulkan getaran yang dapat menggangu warga sekitar.

Baca juga: PT PP melepas kepemilikan saham di Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi

Pembuatan DPT ini dapat meningkatkan biaya efisiensi sekitar 50 persen dari penggunaan sheet pile baja. Pelaksanaan proyek ini mengimplementasikan BIM dan mengedepankan performance quality serta performance HSE dalam setiap proses pembangunannya.

Dikatakan, dengan tantangan atas situasi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia salah satunya di Indonesia, perseroan sebagai salah satu perusahaan kontraktor terbaik terus menerapkan dan meningkatkan protokol kesehatan yang ketat untuk setiap proses pelaksanaan proyeknya.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang baik dan ketat, perseroan membuktikan bahwa proyek yang dikerjakan masih bisa berjalan dengan baik dan normal.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021