Di bidang perdagangan, ada fenomena menarik karena di masa pandemi justru ekspor Indonesia ke Mesir mengalami peningkatan
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf melakukan pertemuan dengan ketua kamar dagang dan industri (Kadin) Provinsi Luxor, Mesir Salah Fathy untuk membahas berbagai kerja sama yang dapat diupayakan untuk mendukung pemulihan ekonomi pada saat pandemi.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Kamis (20/5) di kota Luxor, Dubes RI dan Ketua Kadin Luxor membahas kerja sama ekonomi antara kedua negara, khususnya di bidang perdagangan dan pariwisata, seperti disampaikan dalam keterangan KBRI Kairo yang diterima di Jakarta, Jumat.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Wakil Kepala Perwakilan RI, Atase Perdagangan KBRI Kairo beserta staf dan jajaran anggota Kadin Luxor.

Baca juga: Indonesia promosi produk unggulan di mal terbesar Mesir
Baca juga: Pameran dagang RI gaet transaksi Rp1,02 triliun dari pengusaha Mesir


Dubes Lutfi menyampaikan apresiasi kepada pihak Kadin Luxor atas penerimaan yang baik dan mengharapkan hubungan yang sudah terjalin selama ini dapat diperkuat dengan peningkatan kerja sama yang saling membangun guna pemulihan ekonomi sesegera mungkin antara kedua negara.

"Di bidang perdagangan, ada fenomena menarik karena di masa pandemi justru ekspor Indonesia ke Mesir mengalami peningkatan, utamanya untuk produk-produk pangan seperti minyak sawit, kopi, kakao, kelapa dan produk rempah-rempah dan produk potensial lainnya," ungkapnya.

Sementara untuk kerja sama pariwisata, kedua pihak akan segera mengagendakan travel and tour gathering antara pelaku usaha pariwisata Luxor dan Indonesia.

Salah Fathy mengatakan bahwa kerja sama perdagangan sangat penting saat ini, terlebih lagi Luxor memiliki wilayah industri dan proyek investasi yang dapat ditawarkan kepada Indonesia.

Terkait potensi kerja sama pariwisata, Kadin Luxor itu menekankan pentingnya upaya membangkitkan kegiatan sektor perjalanan dan pariwisata di Luxor. Dia menyebutkan bahwa sebelum pandemi Luxor merupakan kawasan pariwisata termaju dan menjadi destinasi terpenting untuk kunjungan wisata ke Mesir.

Untuk kerja sama perdagangan lebih lanjut antara Indonesia dan Mesir, Atase Perdagangan RI di Kairo Irman Adi mengatakan KBRI Cairo siap untuk saling bertukar informasi terkait produk apa saja yang diminati oleh kalangan pembeli di Luxor dan produk apa saja yang berpeluang diekspor dari Luxor ke Indonesia.

Baca juga: Jelang akhir Ramadhan, kedai kopi produk Indonesia dibuka di Kairo
Baca juga: Mesir minta dikirimkan 80 ton kopi dari NTB

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021