Guncangan gempa Blitar dirasakan di Malang Raya

id Gempa Bumi, Gempa Blitar,Gempa Bumi Dirasakan,Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang

Guncangan gempa Blitar dirasakan di Malang Raya

Ilustrasi - Sejumlah karyawan dan tamu hotel The Balava keluar untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi di Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur dengan kekuatan magnitudo 6,2 pada Jumat malam pukul 19.09 WIB, juga dirasakan di wilayah Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Salah seorang warga Kota Malang Yohanes Kurniawan mengatakan bahwa guncangan gempa dirasakan pada saat Ia tengah berkumpul bersama keluarganya di salah satu café yang ada di wilayah Kota Malang.

"Pada saat saya makan, kemudian merasakan ada goyangan. Ternyata gempa bumi. Guncangan terasa agak lama, namun tidak sampai satu menit," kata Yohanes kepada ANTARA, di Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat malam.

Yohanes mengatakan bahwa, ia bersama istri dan keluarganya sempat berupaya untuk keluar dari café untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan akibat gempa bumi. Namun, pada saat akan menuju keluar café, guncangan gempa bumi sudah tidak lagi terasa.

Menurut Yohanes, guncangan yang dirasakan kali ini, jauh berbeda dengan gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Malang, pada 10 April 2021. Saat itu, menurut Yohanes, guncangan yang dirasakan jauh lebih kuat dibandingkan saat ini.

"Guncangan lebih kuat pada saat gempa bumi yang terjadi di Malang beberapa waktu lalu," kata Yohanes.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyatakan hingga saat ini belum ada laporan terkait adanya kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Blitar, dan dirasakan di wilayah Malang Raya tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono mengatakan bahwa, saat ini pihaknya masih melakukan pemantauan wilayah terdampak gempa bumi tersebut, dan belum mendapatkan laporan terkait adanya kerusakan.

"Masih dalam pemantauan wilayah. Untuk kerusakan, masih belum ada laporan yang kami terima," kata Sadono.

Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Jumat (21/5) pukul 19.09 WIB. Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut, terjadi pada kedalaman 110 kilometer, sejauh 57 kilometer tenggara Kabupaten Blitar.

Gempa yang terjadi pada koordinat 8.63 Lintang Selatan (LS), dan 112.34 Bujur Timur (BT) tersebut, tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
Baca juga: Gempa 6,2 M guncang Kabupaten Blitar
Baca juga: Warga Kediri berhamburan ke luar rumah saat gempa magnitudo 6,2
Baca juga: Jumlah bangunan rusak di Blitar pascagempa capai ratusan


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar