Jakarta (ANTARA) - Xavier Tillman membuat lemparan tiga angka dan Ja Morant melepaskan dua tembakan terakhir saat tim tamu Memphis Grizzlies menyingkirkan Golden State Warriors 117-112 lewat overtime untuk mendapatkan tempat di playoff Wilayah Barat NBA dalam turnamen play-in Jumat malam (Sabtu WIB).

Morant melakukan lima lemparan tiga angka, yang tertinggi dalam kariernya, dan total 35 poin untuk Grizzlies, yang finis di peringkat kedelapan klasemen Wilayah Barat. Mereka akan membuka laga playoff putaran pertama dengan menghadapi unggulan teratas Utah Jazz pada Minggu (Senin WIB).

Musim ini berakhir buruk untuk Warriors, yang kalah dua kali berturut-turut dalam format baru play-in, termasuk kalah 100-103 saat tandang melawan Los Angeles Lakers Rabu lalu.

Warriors, yang bangkit dari defisit 10 poin untuk memaksa overtime, memimpin 109-107 melalui lemparan tiga angka dari Jordan Poole dengan sisa waktu 1:50 saat perpanjangan waktu.

Tapi Tillman, saat pertandingan hampir berakhir, melesakkan lemparan tiga angka yang memberi Memphis keunggulan dengan sisa waktu 1:27.

Morant kemudian memperpanjang keunggulan Memphis lewat sebuah tembakan dari jarak 10 kaki.

Baca juga: Wizards lolos ke babak playoff setelah tundukkan Pacers 142-115

Tembakan kedua Grizzlies membuat mereka unggul 114-109 dengan waktu tersisa hanya 4,5 detik, dan Memphis mampu bertahan meski Poole melakukan lemparan tiga angka lagi.

Morant, yang sebelumnya tidak pernah membuat lebih dari empat lemparan tiga angka dalam satu pertandingan, kali itu mampu melakukan 5-dari-10 tembakan tripoin.

Memphis, yang mengungguli Golden State 45-36, mengatasi enam lemparan tiga angka dari Stephen Curry, yang saat itu mengumpulkan 39 poin secara keseluruhan.

Grizzlies, yang kalah 101-113 dari Golden State pekan lalu untuk memasuki turnamen play-in sebagai unggulan pertama, memimpin 95-85 setelah Jonas Valanciunas melakukan dunk dengan waktu tersisa 3:36.

Namun Poole semakin membuat Golden State putus asa lewat permainan tiga poin dengan waktu tersisa 3:18.

Baca juga: LeBron James bawa Lakers maju ke babak playoff Wilayah Barat

Masih imbang dengan sisa waktu kurang dari setengah menit, kedua tim sama-sama memiliki peluang untuk menang, akan tetapi Tillman gagal melepaskan lemparan tiga angka untuk Grizzlies, dan Draymond Green juga gagal meneruskannya.

Dillon Brooks mencetak 14 poin, Grayson Allen 12 poin, Tillman 11 poin, Jaren Jackson Jr. 10 poin dan Desmond Bane menambahkan 10 poin untuk Memphis, yang menang meski hanya mendapat sembilan poin dari Valanciunas.

Namun Valanciunas juga sempat melakukan pelanggaran. Ia harus keluar dari permainan setelah tampil hanya selama 26 menit dan melakukan 12 rebound, yang tertinggi dalam tim.

Andrew Wiggins menyumbang 22 poin, Poole 19 poin dan Green mengemas 11 poin, termasuk triple-double, serta 16 rebound dan 10 assist. Sementara Kent Bazemore membukukan 10 poin untuk Golden State, yang tertinggal 17 poin pada paruh pertama laga tersebut, demikian Reuters.

Baca juga: Jayson Tatum pimpin Celtics rebut tiket playoff NBA
Baca juga: NBA temukan satu kasus positif COVID-19 dalam pengujian terbaru
Baca juga: Curry, Jokic, Embiid jadi finalis MVP NBA


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021