Jakarta (ANTARA) - Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengaku yakin Ruben Dias akan menjadi kapten timnya cepat atau lambat.

Sejak bergabung ke City dari Benfica pada September tahun lalu, bek asal Portugal tersebut tampil luar biasa untuk membawa City meraih juara Liga Premier Inggris dan mencapai final Liga Champions.

Pemain berusia 24 tahun itu baru-baru ini dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun Ini dari Asosiasi Penulis Sepak Bola atas kontribusinya di lini belakang City dan awal karier yang mengesankan di Inggris.

"Sejujurnya, saya tidak menyangkanya. Kami tahu kualitasnya, tetapi Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi," kata Guardiola tentang performa Dias musim ini, yang dikutip Goal, Sabtu.

“Bila seorang bek bermain untuk dirinya sendiri, itu menjadi masalah, tetapi ia selalu memikirkan tentang mitra bek tengahnya, gelandang bertahannya, bahkan para pemain sayap."

Baca juga: Guardiola puji duet Aymeric Laporte dan Ruben Dias 
Baca juga: Rekor kemenangan tandang Manchester City berakhir di Brighton 


"Ia sangat murah hati, ia seorang profesional yang komplit. Ia 24 jam memikirkan sepak bola, ia masih sangat muda."

"Saya cukup yakin dalam waktu singkat, mungkin saya salah, tetapi rekan dan staf pelatih akan memilih ia sebagai salah satu kapten karena ia sudah memperlihatkan bahwa ia bisa memimpin," tambah pelatih asal Spanyol tersebut.

“Ia adalah pria yang di saat-saat buruk selalu siap membantu, dan ia adalah pria yang berkomunikasi di dalam dan di luar lapangan."

"Ia seorang pemimpin. Menjadi pemimpin tidak diberikan oleh klub, itu datang dari dalam, itu wajar."

“Ia selalu memikirkan apa yang bisa ia lakukan dengan lebih baik. Itulah mengapa ia akan sukses," ungkap Guardiola. 

City sudah dipastikan menjadi juara Liga Premier Inggris jelang pertandingan terakhir mereka di musim ini.

Skuat asuhan Guardiola itu akan menyambut Everton di Stadion Etihad Minggu malam pukul 22.00 WIB dalam pertandingan liga Inggris terakhir mereka untuk musim 2020-21. Mereka kemudian akan menjalani partai final Liga Champions melawan Chelsea pada 30 Mei. 

Baca juga: Pemilik Manchester City tanggung ongkos suporter ke final Champions 
Baca juga: Guardiola sebut gelar Liga Inggris musim ini juara tersulitnya 
Baca juga: Jadwal Liga Inggris: Lima slot Eropa diperebutkan di pekan pemungkas 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021