Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen menutup musim dengan mencukur FC Augsburg 5-2 dalam laga pemungkas Liga Jerman 2020/21 di Stadion Allianz Arena, Sabtu, di mana Robert Lewandowski secara resmi mematahkan rekor top skor.

Lewandowski mencetak golnya tepat di pengujung waktu normal memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Leroy Sane yang gagal diamankan sempurna oleh kiper Rafal Gikiewicz.

Penyerang asal Polandia itu kemudian mengecoh Gikiewicz dan menyarangkan bola ke gawang tak bertuan untuk mencetak gol ke-41 sepanjang musim di Liga Jerman.

Raihan tersebut membuat Lewandowski jadi pemilik tunggal rekor top skor gol terbanyak dalam semusim, setelah pekan lalu menyamai rekor legenda Bayern Gerd Mueller yang dicapai pada musim 1971/72.

Pemecahan rekor itu jadi penutup manis musim Bayern, yang sudah mengunci gelar juara Liga Jerman sembilan musim beruntun.

Baca juga: Lewandowski samai rekor Gerd Mueller kendati Bayern diimbangi Freiburg

Bayern melakoni laga pemungkasnya musim ini dengan penampilan dominan dan bisa unggul telak 4-0 atas Augsburg dalam 45 menit pertama.

Keunggulan Bayern dibuka saat laga belum berusia sembilan menit ketika Jeffrey Gouweleeuw mencetak gol bunuh diri kala berupaya memotong bola umpan tarik Serge Gnabry.

Gnabry lantas menggandakan keunggulan Bayern pada menit ke-23 menyambar bola muntah hasil tembakan Kingsley Coman yang membentur tiang gawang.

Tiga menit berselang kiper Manuel Neuer mendapat panggung di laga kali ini dengan aksi gemilangnya mementahkan eksekusi penalti Daniel Caligiuri.

Keunggulan Bayern bertambah lagi pada menit ke-33 saat Joshua Kimmich mencetak gol spektakuler dari jarak jauh untuk menaklukkan Gikiewicz dan mengubah kedudukan jadi 3-0.

Dua menit jelang turun minum giliran Coman yang menjebol gawang Augsburg dengan sepakan dari luar kotak penalti, yang membuat Bayern menutup babak pertama dengan keunggulan nyaman 4-0.

Di tengah dominasi Bayern, Augsburg mampu mencetak gol balasan pada menit ke-67 lewat tandukan Andre Hahn menyambut umpan tendangan bebas Laszlo Benes.

Baca juga: Lewandowski siap sambut Nagelsmann di Bayern Muenchen musim depan
Baca juga: Hansi Flick setuju latih timnas Jerman

Empat menit berselang, Augsburg memangkas lagi ketertinggalan mereka jadi 2-4 ketika umpan terobosan Hahn diselesaikan sempurna oleh Florian Niederlechner.

Sejak itu, Bayern tak membiarkan Augsburg memiliki momentum kebangkitan hingga akhirnya Lewandowski menutup musim mereka dengan pemecahan rekor top skor Liga Jerman lewat gol ke-41-nya.

Bayern finis dengan raihan 78 poin dalam laga terakhir didampingi Hansi Flick yang akan mundur di akhir musim dan bersiap melanjutkan tongkat estafet Joachim Loew di timnas Jerman.

Sedangkan Augsburg finis di urutan ke-13 dengan raihan 36 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Union rebut tiket Eropa terakhir seusai menang dramatis atas Leipzig
Baca juga: Skenario tiket Eropa dan degradasi Liga Jerman
Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Union Berlin bisa ke Eropa lagi setelah dua dekade

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021