seluruh kawasan nantinya akan menjadi daya tarik wisata
Jakarta (ANTARA) - Pembangunan MRT Fase 2 yang membentang Bundaran HI hingga Ancol Barat akan mempermudah akses bagi penumpang maupun pengunjung ke kawasan wisata, seperti Monas dan Kota Tua.

"Sekarang ini sudah mulai didesain, jadi seluruh kawasan nantinya akan menjadi daya tarik wisata," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar William kepada Antara di area proyek Stasiun MRT Thamrin di Jakarta, Jumat.

William menjelaskan kemudahan akses tersebut salah satunya dengan membuat pintu masuk/keluar (entrance) Stasiun MRT Monas yang langsung berhadapan dengan Tugu Monas.

Nantinya, Stasiun MRT Monas akan memiliki dua pintu masuk/keluar, yakni pertama terletak di seberang Patung Kuda atau tepatnya di Jalan Silang Merdeka Daya Barat, serta pintu kedua di antara Museum Nasional dan Kementerian Kominfo.

Berdasarkan maket yang ditampilkan di pusat informasi (visitor center), pintu masuk/keluar Stasiun MRT Monas akan memiliki jalan landai yang akan memudahkan penumpang menuju Tugu Monas.

Baca juga: Dirut: pembangunan MRT fase 2 lebih menantang

Selain Monas, MRT Jakarta juga akan menyiapkan "entrance" langsung di dalam kawasan Taman Fatahillah Kota Tua, Jakarta Barat.

"Begitu juga dengan di Kota Tua, 'entrance' kita itu langsung masuk di kawasan Taman Fatahillah, di depan Stasiun Beos (Jakarta Kota). Kawasan itu juga akan kita tata sehingga terintegrasi dengan MRT," kata pria yang akrab disapa Willy tersebut.

Menurut Willy, pembangunan MRT Fase 2 ini diharapkan memberi kesan perjalanan yang berbeda terhadap penumpang karena jalur ini melintasi sejumlah kawasan Cagar Budaya, seperti Menara Jam Thamrin, Monas, Harmoni, Glodok hingga Kota Tua.

Pembangunan Fase 2 terdiri dari dua tahap, yaitu fase 2A dan fase 2B. Fase 2A terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yakni Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok dan Kota dengan total panjang jalur sekitar 5,8 kilometer.

Sementara Fase 2B terdiri dari dua stasiun bawah tanah, yakni Mangga Dua dan Ancol, serta satu depo di Ancol Barat dengan total panjang jalur sekitar enam kilometer.

Baca juga: Artefak bersejarah dari konstruksi MRT akan dipamerkan ke publik

Sejauh ini, pekerjaan konstruksi untuk CP201 atau Stasiun Thamrin dan Monas telah mencapai 16,5 persen per Mei 2021.

MRT menegaskan bahwa pekerjaan paket CP 201 masih sesuai dengan target, yakni mulai beroperasi pada Maret 2025.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021