Jakarta (ANTARA) - Setelah melalui serangkaian proses pencarian para seniman-seniman muda berbakat Indonesia yang dimulai sejak Desember 2020 yang lalu, program online "Mencari Siti" akhirnya menemukan para pemeran terpilih untuk setiap karakter dalam produksi Nurbaya persembahan Indonesia Kaya.

Lolos sebagai pemeran Siti Nurbaya adalah Arawinda Kirana. Bukie Mansyur lolos memerankan Samsul Bahri dan Bima Zeno Pooroe sebagai Tuan Meringgih.

“Proses menentukan tiga karakter utama dalam serial musikal yang diadaptasi dari novel 'Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai' karya Marah Rusli ini bukan hal yang mudah karena kemampuan yang ditunjukkan oleh para peserta audisi ini sungguh luar biasa. Namun setelah melalui serangkaian audisi lanjutan dan workshop memperdalam materi-materi pertunjukan seperti lagu dan naskah juga latihan fisik, akhirnya terpilih tiga karakter utama ini yang mampu menampilkan karakter terbaiknya dalam produksi ini. Semoga serial musikal ini memberikan warna baru bagi dunia seni pertunjukan di Indonesia dan menginspirasi generasi muda lainnya,” Renitasari Adrian, Program Director Indonesia Kaya dalam keterangannya di Jakarta pada Sabtu.

Siti Nurbaya yang merupakan tokoh utama perempuan dalam serial musikal ini akan diperankan oleh Arawinda Kirana. Ia adalah seorang aktris muda yang telah memenangkan nominasi Aktris Pendatang Baru Terpilih dalam Piala Maya 2020. Perempuan yang aktif berkain ini juga pernah mempelajari penulisan skenario (screenwriting) lewat Summer Course di New York Film Academy.

Baca juga: Drama musikal Siti Nurbaya; nge-pop ala Denny Malik

“Ini adalah produksi yang paling berkesan dalam hidup saya sejauh ini dan saya sangat berterima kasih karena memberikan kepercayaan kepada saya dan kesempatan untuk berkontribusi kepada karya yang sangat berarti ini. Setelah melalui proses berbulan-bulan untuk melatih skill mulai dari vocal coaching, dance training, dan lain-lain sampai akhirnya menuju ke karantina dan filming semuanya memberikan pengalaman yang tidak ternilai. Saya sudah tidak sabar untuk memperkenalkannya Siti Nurbaya terbaru ini kepada dunia,” ujar Arawinda.

Samsul Bahri yang merupakan kekasih Nurbaya yang terpisah karena takdir berkata lain ini akan diperankan oleh Bukie Mansyur. Ia adalah seorang penyiar radio, DJ dan produser yang telah menuangkan minatnya pada dunia teater melalui komunitas teater musikal di kampusnya. Serial musikal Nurbaya ini merupakan pengalaman pertamanya dalam teater musikal profesional.

Sedangkan tokoh antagonis Tuan Meringgih ini akan diperankan dengan apik oleh Bima Zeno Pooroe. Ia telah aktif berkiprah di dunia seni pertunjukan sebagai penyanyi dan pemain teater musikal sejak tahun 2010 lalu.

Program yang bekerja sama dengan Garin Nugroho dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN) ini telah melalui latihan vokal, koreografi dan akting yang mendetail dan intensif untuk menampilkan serial musikal yang diadaptasi dari novel "Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai" karya Marah Rusli.

Serial musikal Nurbaya ini akan dibuat dalam kemasan baru tanpa meninggalkan unsur kedaerahan masyarakat Minang. Produksi terbaru ini diproduseri oleh Indonesia Kaya bersama Garin Nugroho, dan akan disutradarai oleh Venytha Yoshiantini (TEMAN) selaku sutradara musikal/teater dan Naya Anindita selaku sutradara film. Selain itu, pelatihan vokal dari Gabriel Harvianto dan Andrea Miranda juga semakin mewarnai komposisi musik yang sudah dibuat oleh Ivan Tangkulung.

Berbeda dengan produksi lainnya, serial musikal Nurbaya ini seluruhnya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus casting. Naskah cerita ini ditulis Chriskevin Adefrid (TEMAN) bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, Ilya Aktob A M yang terpilih melalui workshop Mencari Penulis dan mengikuti masterclass online bersama Garin Nugroho dan Nia Dinata pada akhir tahun yang lalu.

Ketiga karakter utama ini terpilih dari peserta audisi tahap kedua yang telah mengikuti proses audisi secara offline. Para peserta yang berasal dari Jakarta, Padang, Bandung, Malang, dan Mataram ini menyanyikan lagu serta membacakan dua monolog yang sudah ditentukan ke hadapan para juri secara langsung maupun virtual dengan mengirimkan video berupa monolog dan lagu yang telah dipilih oleh tim Indonesia Kaya.

Serial musikal Nurbaya ini akan segera diproduksi dan ditayangkan pada pertengahan tahun ini. Seluruh personel yang terlibat dalam latihan dan proses pengambilan gambar program ini telah dinyatakan negatif dalam tes swab antigen berkala sebelum memulai kegiatan. Selain itu, juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti tetap menggunakan masker selama proses berlangsung, menjaga jarak juga membagi jumlah peserta yang hadir dalam satu waktu.

Baca juga: Andi /rif mainkan Datuk Maringgih versi dirinya

Baca juga: Denny Malik sutradarai drama musikal Siti Nurbaya

Baca juga: Ingin angkat isu sensitif lewat film? Ini tips Garin Nugroho

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021