Padang, (ANTARA) - Semen Padang FC mengusulkan kompetisi Liga 2 2021 agar dibuat dua wilayah dengan masing-masing grup berisi 24 tim dan dilakukan dengan sistem "home and away".

Manajer Semen Padang FC Effendi Syahputra melalui keterangan tertulis di Padang,Minggu mengatakan pihaknya mengusulkan beberapa hal penting nantinya dalam rapat selanjutnya mengenai format kompetisi yang akan berjalan karena ada beberapa keputusan kongres harus dilakukan perubahan.

“Menanggapi sistem 4 grup dalam hasil kongres, SPFC dalam pertemuan manager meeting nanti ingin mengusulkan, agar kompetisi kembali ke format awal yaitu 12 Wilayah Barat dan 12 Wilayah Timur,” kata dia.

Baca juga: Semen Padang FC tunda latihan perdana jelang Liga 2 2021

Selain itu SPFC juga akan mengusulkan pertandingan tetap dimainkan "home dan away" dengan penonton datang ke stadion sesuai kuota yang diperkenankan .

"Kedatangan penonton ini dapat dilakukan secara bertahap dengan syarat sesuai prokes serta penonton telah divaksin dan ditest anti COVID-19 sebelum masuk stadion," kata dia.

Sebelumnya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah merampungkan Kongres Tahunan 2021 yang berlangsung di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (29/5). Terdapat sejumlah keputusan penting yang ditetapkan pada kongres kali ini baik untuk Liga 1 maupun Liga 2.

Dalam kongres kali ini sebanyak 87 voters menjadi peserta pada Kongres Tahunan PSSI 2021. Mereka berasal dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, Asosiasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia, dan Asosiasi Pelatih Indonesia.

Baca juga: Semen Padang inisiasi turnamen pramusim Liga 2

Ada beberapa poin-poin krusial yang dihasilkan dalam kongres untuk penyelenggaraan Liga 2 2021. salah satunya kepastian liga yang sudah mendapatkan izin bergulir dengan sistem promosi dan degradasi.

Selain itu format Liga 2 sendiri akan dibagi menjadi 4 grup yang berisi 6 tim yang nantinya dua tim teratas akan melaju ke babak selanjutnya.

“Kita apresiasi Liga akhirnya berjalan sesuai dengan keinginan kita yaitu dengan sistem promosi dan degradasi. Dengan ini tentunya semua tim akan serius menyiapkan tim dan kualitas dari sebuah kompetisi akan terjamin,” kata dia.

Hasil Kongres Tahunan PSSI 2021 yakni kompetisi Liga 2 Musim 2021 dipastikan bergulir pada bulan Juli 2021. Kemudian izin Polri sudah turun hanya tinggal dipublikasikan resmi, kompetisi Liga 2 direncanakan di bagi 4 Grup dengan masing-masing grup di isi 6 team, dengan memakai Promosi dan Degradasi serta dua tim teratas masing-masing grup akan lolos ke babak 8 besar yang kembali dibagi menjadi 2 Grup.

Kemudian untuk Juara dan Runner-up masing-masing grup akan bertemu silang di semifinal dengan sistem single match, pemenangnya akan bertemu di final dan dipastikan Promosi ke Liga 1 dan hal-hal teknis lain akan diatur dalam manager meeting tim Liga 2 yang akan digelar pada 3 Juni 2021.

Baca juga: Semen Padang masih rahasiakan nama pelatih kepala

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021