Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI hingga kini masih menunggu informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait pembukaan atau penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kementerian tersebut.

"Hingga kini kita belum mendapatkan kepastian informasi dari BKN, jadi statusnya masih menunggu," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Kemenkumham Tubagus Erif Faturrahman saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kemenkumham pastikan pendaftaran rekrutmen CPNS belum dibuka 31 Mei

Penundaan penerimaan atau pendaftaran CPNS di lingkungan Kemenkumham diperkirakan tidak akan memakan waktu lama. Paling tidak hanya sekitar satu minggu terhitung dari waktu penundaan.

"Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini informasi sudah bisa disampaikan ulang kepada masyarakat," kata Tubagus.

Terkait penundaan penerimaan dan pendaftaran CPNS tersebut, ia mengatakan kementerian terkait telah menginformasikan ke halaman resmi Kemenkumham termasuk laman-laman resmi media sosial milik Kemenkumham.

Selain adanya penundaan pendaftaran dan penerimaan CPNS, Kemenkumham juga meminta calon pelamar agar hati-hati. Sebab, belakangan cukup ramai ditemukan adanya akun-akun media sosial yang mirip atau menyerupai akun Kemenkumham dan menyebarkan informasi seputar CPNS 2021.

Agar tidak terkecoh, calon pelamar diminta hanya mengakses informasi di laman resmi Kemenkumham yakni cpns.kemenkumham.go.id atau akun resmi media sosial (instagram) yaitu @cpns.kumham dan @kemenkumhamri.

Baca juga: Cek Fakta: Poster pendaftaran CPNS Kemenkumham 2021 ini resmi?

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham Andap Budhi Revianto mengatakan cukup banyak selebaran dan infografis terkait penerimaan CPNS yang mengatasnamakan Kemenkumham. Kendati demikian, Kemenkumham tidak sepenuhnya menyalahkan informasi yang beredar hanya saja tidak membenarkan seluruhnya.

Meskipun tidak ada unsur penipuan dalam informasi yang beredar, kementerian terkait meminta masyarakat agar berhati-hati sebab berpotensi penipuan. Akun palsu yang dibuat menyerupai akun resmi Kemenkumham tersebut yakni @cpns_kumham, @cpnskumham, @info.cpnskumham dan lain sebagainya.

Baca juga: Kemenkumham tegaskan belum mengeluarkan informasi penerimaan CPNS

Baca juga: Kemarin, OTT Propam Polri hingga CPNS Kemenkumham ditunda

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021