Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Finlandia merangkap Estonia, Ratu Silvy Gayatri, pada 26-28 Mei menggelar serangkaian pertemuan dengan perwakilan Estonia dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan, pariwisata dan investasi (Trade, Tourism and Investment/TTI) antara kedua negara.

Didampingi oleh Konsul Kehormatan Indonesia untuk Estonia, Heldur Allesse, Dubes Gayatri bertemu dengan Direktur Jenderal Kamar Dagang Estonia Mait Palts, Estonian ICT Cluster dan beberapa pengusaha Estonia pada sektor pariwisata, keamanan siber, furnitur dan kesehatan.

Dalam pertemuan tersebut, Dubes RI menyampaikan apresiasi atas baiknya kinerja ekonomi kedua negara yang ditandai dengan meningkatnya volume perdagangan dalam 5 tahun terakhir.

Baca juga: Indonesia promosi destinasi pariwisata di Estonia
Baca juga: Indonesia-Estonia adakan forum konsultasi bilateral ke-6

Meskipun demikian, kerja sama di sektor teknologi, informasi dan komunikasi (TIK/ICT) diyakini masih berpeluang untuk digali lebih dalam.

Gayatri berharap hubungan ekonomi kedua negara di masa mendatang dapat terus meningkat guna mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Kemudian, Dubes RI itu juga menyampaikan 21 proyek investasi di sektor manufaktur, water treatment, perikanan, transportasi dan waste treatment, serta beberapa produk ekspor unggulan dan peluang ekspor masker medis dan alat kesehatan ke Estonia.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Dubes RI juga bertemu dengan para pengusaha yang tergabung pada perkumpulan Selamat Indonesia. Perkumpulan itu terdiri dari pengusaha dan politikus Estonia yang tertarik untuk memajukan kerja sama ekonomi, pariwisata dan kebudayaan antara kedua negara.

Dubes RI ingin mengaktifkan kembali kegiatan perkumpulan tersebut, terutama untuk promosi ekonomi dan people to people contact.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kamar Dagang Estonia Mait Palts menyatakan kesiapan mereka untuk menindaklanjuti kerja sama dengan KBRI Helsinki secara kongkret dalam mengupayakan promosi perdagangan dan investasi di Estonia dengan melibatkan sebanyak mungkin pengusaha Estonia.

Baca juga: Indonesia-Estonia sepakat majukan kerja sama ekonomi

Pewarta: Katriana
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021