Pasien sembuh COVID-19 di Purbalingga capai 5.469 orang

id covid

Pasien sembuh COVID-19 di Purbalingga capai 5.469 orang

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono (ANTARA/HO - Humas Purbalingga)

Purbalingga (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 di wilayah setempat yang telah dinyatakan sembuh hingga Senin 31 Mei 2021 sebanyak 5.469 orang.

"Menurut data terbaru pasien yang telah sembuh hingga saat ini mencapai 5.469 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin.

Dia menambahkan bahwa menurut data terbaru jumlah total kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sebanyak 5.886 orang dan dari 5.886 tersebut 5.469 di antaranya telah dinyatakan sembuh, 262 meninggal dunia, 111 orang melakukan isolasi mandiri dan 44 orang lainnya masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Purbalingga sembuh 5.252 orang

Sementara pada tanggal 24 Mei 2021, jumlah total kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sebanyak 5.784 orang dan dari 5.784 tersebut 5.416 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data tersebut, kata dia, diketahui bahwa masih terdapat peningkatan kasus COVID-19 di wilayah ini. 

"Tentunya data ini menjadi pengingat bagi seluruh pihak di wilayah ini bahwa pandemi belum berakhir, masih terdapat tren peningkatan kasus COVID-19, sehingga protokol kesehatan masih harus terus diperkuat," katanya.

Baca juga: Cegah penularan, Purbalingga-Jateng tiadakan shalat id di alun-alun

Terkait hal itu, pihaknya masih terus menggencarkan sosialisasi mengenai protokol kesehatan dengan tujuan mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin.

"Tujuannya agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan sekaligus dalam rangka mengantisipasi lonjakan COVID-19," katanya.

Dia menambahkan bahwa Pemkab Purbalingga secara berkala selalu mengingatkan agar protokol kesehatan terus diperkuat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Purbalingga yang sembuh 5.045 orang

"Upaya ini juga membutuhkan dukungan masyarakat sehingga kami mengajak masyarakat untuk senantiasa memperkuat protokol kesehatan dan terapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," katanya.

Sementara itu dia kembali menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan pendataan secara berkala guna mendapat gambaran mengenai perkembangan penanganan COVID-19 di wilayah ini.

"Minimal satu pekan sekali pendataan harus dilakukan," katanya.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Purbalingga yang sembuh 4.941 orang

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya juga menggencarkan sejumlah upaya untuk mempercepat penanganan COVID-19 termasuk program vaksinasi.

Sementara itu dia juga menambahkan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi bagi lansia guna mencapai target kekebalan kelompok.

Dia menyebutkan berdasarkan data vaksinasi COVID-19 Kabupaten Purbalingga, hingga 24 Mei 2021 sudah ada 13.710 lansia yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

"Dari 13.710 lansia itu, 11.201 di antaranya telah mendapatkan dosis kedua atau dosis lengkap," katanya.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Purbalingga yang sembuh sudah 4.891 orang
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar