Jakarta kemarin, klaster Ciracas hingga jalur sepeda balap Thamrin

id COVID-19 Ciracas,WTP DKI,BPK Soroti Jakarta,MRT Jakarta,Nelayan Hilang,Sepeda Road Bike

Jakarta kemarin, klaster Ciracas hingga jalur sepeda balap Thamrin

Maket Stasiun MRT Fase 2 dengan penampakan pintu masuk/keluar (entrance) bagi penumpang menuju Tugu Monas, Jakarta, Kamis (27/5/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayati/aa.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa di Jakarta dan sekitarnya dimonitor, direkam, kemudian disiarkan oleh tim redaksi Metropolitan Kantor Berita ANTARA pada Senin (31/5) dan masih layak dibaca untuk mengisi hari Selasa ini.

Mulai dari informasi mengenai perkembangan kasus COVID-19 pada klaster Ciracas, Jakarta Timur, opini WTP DKI, sorotan BPK pada pembangunan Jakarta hingga rencana sepeda balap (road bike) yang boleh melaju di Jalan Sudirman-Thamrin.

Berikut rangkuman informasi di Jakarta yang disiarkan ANTARA pada Senin:

1. Jumlah warga positif COVID-19 di Ciracas tersisa lima orang

Jakarta (ANTARA) - Jumlah warga RT 06 RW 03, Ciracas, Jakarta Timur, yang positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap PCR tersisa lima orang.

Lurah Ciracas Rikia Marwan menjelaskan bahwa jumlah warga RT 06 RW 03 yang telah pulih dari COVID-19 terus bertambah. Sebelumnya ada sebanyak 36 warga RT 06 RW 03 yang positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap PCR.

"Dari 36 kasus yang dirawat sekarang sudah tinggal lima orang yang masih menunggu pulang dari Wisma Atlet," kata Rikia Marwan saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
Selengkapnya di sini.

2. DKI dapatkan opini WTP dari BPK untuk tahun 2020

Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas laporan keuangan tahun 2020 yang merupakan capaian keempat kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2017.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan predikat opini WTP kali ini diperuntukkan bagi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan yang telah berkolaborasi bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan pemerintahan yang akuntabel.

"Mempertahankan WTP itu semakin bertambah tahun semakin sulit. Apalagi kali ini kita dihadapkan dengan pandemi. Mengatasi pandemi dengan baik sambil menjaga jalannya pemerintahan tetap prudent adalah tantangan besar," ungkap pada Senin.
Selengkapnya di sini.

3. BPK RI soroti hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah di DKI

Jakarta (ANTARA) - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) menyoroti hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di DKI Jakarta yang dinilai belum optimal.

Pertama, kata Anggota V BPK Bahrullah Akbar, di Jakarta, Senin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengandalkan pendanaan yang bersumber dari APBD dalam kegiatan penyediaan unit hunian untuk MBR .

Meskipun, Pemprov DKI sudah mengupayakan sumber pendanaan melalui pendapatan daerah dari kompensasi pelampauan Koefisien Lantai Bangunan (KLB) dan kewajiban Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT).
Selengkapnya di sini.

4. MRT targetkan angkut 500 ribu penumpang usai proyek fase 2 rampung

Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan dapat mengangkut hingga 500 ribu penumpang per hari setelah seluruh pembangunan stasiun pada fase 2 yang menghubungkan Bundaran HI hingga Ancol Barat selesai pengerjaannya.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar mengatakan operasional MRT untuk fase 2A dari Bundaran HI hingga Kota ditargetkan pada Agustus 2027, sedangkan pada fase 2B dari Mangga Dua hingga Ancol Barat ditargetkan pada tahun 2028.

"Ini diperkirakan kalau dari analisis konsultan Total dari (rute) utara ke selatan mencapai 500 ribu penumpang sehari," kata William dalam konferensi pers di area proyek Stasiun Monas, Jakarta, Senin.
Selengkapnya di sini.

5. Nelayan hilang di Teluk Jakarta ditemukan meninggal dunia

Jakarta (ANTARA) - Nelayan yang hilang di perairan Teluk Jakarta, Marunda, Jakarta Utara pada Sabtu (29/5) ditemukan meninggal dunia pada Senin (31/5) malam sekitar pukul 19.30 WIB oleh Tim SAR gabungan.

Jenazah korban yang bernama Musanip Nasution (52) langsung dievakuasi oleh Tim Pencarian dan Pertolongan (Search And Rescue/ SAR) gabungan menuju Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) usai ditemukan dalam radius 8 mil laut atau sekitar 14,8 kilometer dari lokasi kejadian.

"Malam ini kami bersama tim SAR gabungan menemukan korban yang hilang sejak Sabtu kemarin, selanjutnya akan dievakuasi menuju RSCM untuk diserahkan kepada pihak keluarga," ujar Kepala Kantor SAR Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Hendra Sudirman dalam keterangannya, Senin.
Selengkapnya di sini.

6. Sepeda balap juga akan boleh melintas di Sudirman-Thamrin

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan sepeda balap (road bike) juga akan diperbolehkan untuk melintas di Jalan Sudirman-Thamrin.

Bahkan, kata Riza di Jakarta, Senin, izin tersebut akan berlaku pada hari kerja Senin-Jumat dengan pengaturan waktu yakni dari pukul 05.00-06.30 WIB.

"Lintasan sepeda balap Sudirman-Thamrin untuk Senin-Jumat diperbolehkan jam 05.00 sampai jam 06.30 WIB," ujar Riza.
Selengkapnya di sini.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar