RT tersebut sementara ini masuk dalam zona merah
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim membenarkan bahwa Rukun Tetangga (RT) 01 di lingkungan Rukun Warga (RW) 04 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara sedang melakukan penguncian wilayah berskala mikro (micro lockdown).

"RT tersebut sementara ini masuk dalam zona merah. Kami batasi aktivitasnya untuk sementara waktu,” ujar Ali di Jakarta, Kamis.

Ali menjelaskan, jika terdapat lima rumah dalam satu RT yang penghuninya terindikasi positif melalui hasil tes usap (swab) antigen, maka RT tersebut harus menerapkan 'lockdown' mikro.

'Lockdown' dilakukan sampai kasus COVID-19 di wilayah Rukun Tetangga (RT) tersebut dapat dikendalikan.

Selain menerapkan tes (testing) dan penelusuran kontak erat (tracing), Pemerintah Kota Jakarta Utara akan memenuhi segala kebutuhan warga yang terkena dampak COVID-19, termasuk menyediakan makanan dan merujuk warga yang membutuhkan perawatan (treatment) lebih lanjut ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara.

Baca juga: Satu RT di Cilincing terapkan "micro lockdown"

Lurah Semper Barat Benhard Sihotang memastikan warga yang tengah menjalani isolasi mandiri tersebut telah mendapatkan paket makanan dari Suku Dinas Sosial Kota Jakarta Utara sebanyak tiga kali makan dalam sehari.

Begitu pun terhadap lingkungan RT 01 RW 04 yang telah dilakukan penyemprotan cairan desinfektan sebanyak dua kali oleh petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Jakarta Utara.

Selain itu, lingkungan RT tersebut kini menerapkan "lockdown" mikro sementara waktu, sesuai aturan yang disebutkan oleh Wali Kota Jakarta Utara.

Sedangkan penerapan 3T menjadi kewajiban bagi semua yang diduga terpapar dengan melibatkan anggota Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 di RW 04.

Jika warga yang diduga terpapar ternyata negatif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap antigen, ia tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Baca juga: Warga RW 03 Ciracas gelar syukuran pencabutan karantina mikro

“Semua Satgas Covid-19 baik itu tiga pilar (pemerintah, TNI, dan Polri) maupun tingkat RW berkolaborasi sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Adanya yang melakukan 'testing' dan 'tracing', penyemprotan disinfektan, distribusi makanan dan pengawasan," katanya.

Selain itu, warga yang terkonfirmasi positif sudah dirujuk ke RSD Wisma Atlet, warga yang di sini hasil tesnya negatif tapi sesuai aturan kita berlakukan lockdown mikro untuk sementara waktu.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021