Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari meminta PP Perbasi mempersiapkan tim nasional bola basket dengan maksimal sehingga dapat meraih prestasi saat gelaran FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 di Jakarta.

Saat menerima kunjungan Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dan Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi di Kantor KOI Jakarta, Kamis, Oktohari mengatakan prestasi juga harus menjadi indikator kesuksesan selain penyelenggaraan.

“Tadi menyampaikan bahwa persiapan FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 Insya Allah berjalan dengan lancar. Kami bangga kita akan memiliki venue baru yang akan jadi kebanggaan kita di tengah-tengah jantung ibu kota,” kata Oktohari dalam siaran pers PP Perbasi yang diterima pada Kamis.

Baca juga: Presiden minta siapkan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021

“Selamat kepada Perbasi. Tapi ingat, pelaksanaan boleh bagus, prestasi juga penting," ujar dia menambahkan.

Okto, sapaan akrabnya, optimistis FIBA Asia Cup 2021 pada Agustus nanti bakal berlangsung dengan aman, menjadikannya event olahraga internasional pertama yang sukses yang digelar di Indonesia di tengah situasi pandemi COVID-19.

Okto juga menegaskan pihaknya siap melayani setiap cabang olahraga yang membutuhkan dukungan.

“KOI akan tetap menjadi pelayan cabang olahraga-cabang olahraga yang membutuhkan dukungan," ucapnya.

Baca juga: KOI siap fasilitasi cabor agar berperan aktif di kancah internasional

Dalam kunjungannya, PP Perbasi memaparkan perihal persiapan FIBA Asia Cup 2021 dan World Cup 2023, mulai dari sistem bubble yang akan dipakai, protokol kesehatan yang diterapkan, hingga pembangunan venue FIBA World Cup yang akan disiapkan di Kompleks GBK Senayan.

Menurut Nirmala Dewi, venue untuk kejuaraan basket dunia disiapkan secara khusus. Arena tersebut akan dibangun di atas lahan di dalam kompleks GBK. Bentuk bangunannnya akan dibuat multifungsi sehingga selain dapat digunakan untuk kegiatan lain selain FIBA World Cup 2023.

"Nanti kapasitasnya bisa menampung 15 ribu penonton," kata Danny Kosasih menambahkan.

Baca juga: Panpel terus matangkan persiapan Jakarta tuan rumah FIBA Asia Cup 2021

Presiden Joko Widodo pada Rabu (2/6) menggelar rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta membahas dua event besar yang akan digelar di Indonesia, yakni FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023.

Presiden meminta jajarannya menyiapkan penyelenggaraan turnamen basket internasional FIBA Asia Cup 2021 dengan sebaik-baiknya.

"Kita pada 2023 itu ditunjuk menjadi tuan rumah FIBA World Cup tapi untuk jadi pesertanya harus lolos kualifkasi. Kita akan berjuang keras. Niat kita menjadi penyelenggara yang baik tapi juga harus punya prestasi di tim nasional kita," ujar Menpora Zainudin Amali seusai rapat terbatas.

Baca juga: Jadwal Indonesia pada lanjutan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021
Baca juga: Perbasi ajukan tambahan pemain naturalisasi untuk FIBA Asia Cup 2021
Baca juga: Perbasi akan komunikasikan status COVID-19 peserta FIBA Asia Cup 2021


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021