Jakarta (ANTARA) - Brazil meraih tiga poin setelah mengatasi Ekuador 2-0 pada pertandingan ketujuh Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, Brazil, Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB).

Dua gol Selecao dicetak oleh Richarlison pada menit ke-65 dan Neymar dari titik penalti pada saat injury time, demikian catatan laman resmi FIFA.

Kemenangan tersebut memastikan Brazil nyaman di posisi pertama Zona CONMEBOL dengan 15 poin dari 5 laga. Sedangkan Ekuador tertahan di posisi tiga dengan sembilan poin, di bawah Argentina yang mengoleksi 11 poin.

Laga berjalan ketat sejak awal. Ekuador tampil disiplin, dan membuat Neymar dan kawan-kawan sempat kerepotan.

Percobaan pertama bahkan diciptakan oleh Ekuador pada menit ke-12. Carlos Gruezo mempunyai ruang tembak dari luar kotak penalti, tetapi upayanya masih bisa diblok.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia: Argentina dan Chile berbagi satu poin

Setelah sempat kesulitan, Brazil mendapat peluang pertamanya pada menit ke-23 melalui tembakan Gabi dari dalam kotak penalti, tetapi bola masih bisa diamankan Alexander Dominguez.

Sepanjang babak pertama, duel kedua tim cukup ketat dan tidak banyak peluang terjadi. Pertarungan lebih banyak terjadi di lini tengah.

Jelang babak pertama tuntas, Neymar sempat membahayakan gawang Ekuador. Sepakannya dari luar kotak penalti masih bisa diamankan Dominguez lagi. Skor 0-0 bertahan saat jeda.

Pada babak kedua, Brazil akhirnya membuka keunggulan. Richarlison membobol gawang Ekuador setelah menerima umpan Neymar. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah.

Setelah unggul, Brazil bermain lebih tenang dalam membangun serangan. Hasilnya, beberapa peluang hadir lagi lewat Marquinhos, Gabriel Jesus dan Gabi, tetapi belum mampu menambah keunggulan.

Ekuador dipaksa bertahan di sisa waktu pertandingan dan gelombang serangan Brazil akhirnya bisa membobol gawang tim tamu.

Pada masa injury time, penalti diberikan kepada Brazil setelah Gabriel Jesus dilanggar Alexander Dominguez. Penalti sempat diulang lewat VAR, dan Neymar bisa mengonversinya menjadi gol. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Baca juga: Bolsonaro klaim Brazil siap jadi tuan rumah Copa America 2021

Susunan Pemain:

Brazil (4-3-3): Alisson; Danilo, Marquinhos, Eder Militao, Alex Sancho; Lucas Paqueta, Casemiro, Fred (Gabriel Jesus 64'); Richarlison (Fabinho 90+1'), Gabi (Firmino 76'), Neymar.

Ekuador (4-4-2): Alexander Dominguez; Angelo Preciado, Robert Arboleda, Xavier Arreaga, Pervis Estupinan; Jhegson Mendez (Estrada 78'), Carlos Gruezo; Angel Mena (Cazares 86'), Ayrton Preciado (F. Martínez 72'), Alan Franco; Enner Valencia (Caicedo 76').

Baca juga: FIFA akan pelajari kelaikan gelar Piala Dunia dua tahunan
Baca juga: Piala Dunia Putri 2023 di Australia, Selandia Baru dimulai 20 Juli
Baca juga: AFC konfirmasi keluarnya Korea Utara dari kualifikasi Piala Dunia 2022

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021