Jadikan desamu seperti Desa Wisata Pentingsari, desa wisata simbol kebangkitan ekonomi nasional yang berkelas dunia
Sleman (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan kebangkitan pariwisata di Tanah Air dimulai dari desa wisata yang banyak dikembangkan masyarakat di daerah.

"Kami ingin desa wisata hadir membuka peluang usaha, peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," kata Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, desa wisata menjadi andalan Kemenparekraf dalam mendongkrak pariwisata pada masa pandemi COVID-19.

"Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat," katanya.

Ia mengatakan Kemenparekraf sangat mengapresiasi Desa Wisata Pentingsari di Kabupaten Sleman ini karena desa wisata ini sudah menjadi inspirasi dalam kebangkitan pariwisata, dan layak untuk ikut dalam lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

"Ada beberapa kategori yang dilombakan, di Desa Wisata Pentingsari ini oke semua, di sini oke banget jadi untuk desa wisata ini saya ingin mengajak untuk mendaftarkan desa kalian yang ada di Kabupaten Sleman dan juga Provinsi DIY untuk ikutan Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021," katanya.

Sandiaga mengatakan desa wisata ini menjadi andalan dan unggulan untuk pembangkitan pariwisata dan tentunya ekonomi kreatif untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Jadikan desamu seperti Desa Wisata Pentingsari, desa wisata simbol kebangkitan ekonomi nasional yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan untuk Indonesia," katanya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan Kemenparekraf dengan mengangkat tema "Indonesia Bangkit".

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi "Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat".

Rangkaian Sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dimulai pada 22 Mei 2021 sampai dengan 25 Juni 2021.

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021  telah diselenggarakan di berbagai kota diantaranya Desa Wisata Pujon Malang, Desa Wisata Mas Ubud Bali, Desa Wisata Cisarua Bogor, Desa Wisata Cibuntu Kuningan dan Desa Wisata Candirejo Magelang.

Desa Wisata Pentingsari, Sleman berada di lereng Gunung Merapi, berjarak kurang lebih 22,5 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Berada di dalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) membuat masyarakat desa bergegas mencari keunikan lain dan tidak hanya mengandalkan lokasi wisata.

Hal itu yang menarik para wisatawan untuk berkunjung, bahkan tidak sedikit juga yang menginap di homestay rumah-rumah warga dengan suasana pedesaannya yang terbilang masih sangat kental dan menjadikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan dengan langsung berinteraksi dengan warga di desa ini.

Desa Wisata Pentingsari ini dikenal di mancanegara sebagai salah satu desa wisata dengan segudang penghargaan, mulai dari Indonesia Suistainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dalam kategori ekonomi, sampai 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Baca juga: Kemenparekraf gelar bimbingan teknis di desa wisata Taro Bali

Baca juga: Pemerintah luncurkan Buku Pedoman Desa Wisata 2021

 
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Pentingsari di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021