Ini bisa memberikan manfaat. Jadi kami bisa mensuplai dan ikut memasarkan produk-produk Workshop PT Semen Padang. Itu tawaran dari kami.
Padang (ANTARA) - PT Krakatau Nasional Resources yang merupakan anak perusahaan PT Krakatau Steel menjajaki kerja sama dengan PT Semen Padang di bidang pemasaran produk yang diproduksi Workshop PT Semen Padang.

Presiden Direktur PT Krakatau Nasional Resources M. Noor Sudrajat di Padang, Sumatera Barat, Sabtu, menyampaikan sebelumnya sudah melakukan pembicaraan dengan Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi soal kerja sama kedua perusahaan.

"Insya Allah kerja sama jangka panjang, karena antara semen dan besi itu sebetulnya sejalan, kalau bisa dijadikan satu proyek, itu satu paket," kata dia.

Baca juga: Ekspor Semen Padang naik 30,5 persen pada April 2021

Ia menyampaikan peluang kerja sama dengan PT Semen Padang bisa dilakukan dengan menjual namun juga membeli.

"Ini bisa memberikan manfaat. Jadi kami bisa mensuplai dan ikut memasarkan produk-produk Workshop PT Semen Padang. Itu tawaran dari kami," katanya.

Sementara itu Direktur Operasi PT Semen Padang Asri Mukhtar juga berharap kerja sama yang lebih baik antara PT Semen Padang dengan PT Krakatau Nasional Resources.

Asri mengatakan tawaran kerja sama itu dapat menjadi peluang bagi PT Semen Padang untuk kerja sama yang lebih baik, terutama dalam penggunaan fasilitas-fasilitas yang belum optimal dan peluangnya ada.

Baca juga: Krakatau Steel targetkan produksi 100 ribu ton bondek per tahun

Ia menilai kerja sama ini bisa ditindaklanjuti dan bisa menjadi contoh sinergi di antara BUMN, khususnya PT Semen Indonesia dan PT Krakatau Steel yang merupakan holding kedua perusahaan.

Sejalan dengan itu Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi menyambut baik tawaran yang disampaikan PT Krakatau Nasional Resources .

Terpisah staf Workshop PT Semen Padang Kiki Warlansyah menjelaskan bentuk kerja sama yang dalam penjajakan di antaranya adalah melakukan proses pengadaan material, pabrikasi dan konstruksi atas orderan pekerjaan manufaktur, pengadaan material langsung dari Krakatau Steel ke PT Semen Padang, sehingga akan mengurangi durasi waktu pengiriman dengan tetap memperhatikan GCG.

Kiki mengatakan saat ini ada beberapa pekerjaan orderan yang diterima oleh PT Krakatau Nasional Resources yang bisa ditindaklanjuti dengan workshop PT Semen Padang.

“Setelah pertemuan awal ini akan segera diikuti dengan pembicaraan lebih lanjut perihal kerja sama ini,” kata Kiki.

Workshop PT Semen Padang merupakan salah satu unit kerja di Departemen Bisnis Inkubasi Non Semen di PT Semen Padang yang didirikan pada 1986.

Pada awalnya, workshop milik perusahaan semen pertama di Asia Tenggara ini memproduksi alat-alat transport seperti rubber belt conveyor, screw conveyor, dan pneumatic gravity conveyor.

Namun seiring berjalannya waktu, workshop PT Semen Padang dengan fasilitas yang tersedia kini bergerak di bidang manufakturing dan konstruksi peralatan pabrik, overhaul motor, rebalancing dan lainnya.
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021