Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menyesalkan kejadian upaya pembunuhan anggota kepolisian lalu lintas (polantas) oleh oknum masyarakat ketika sedang bertugas di Pos Polisi Simpang Empat Jalan Angkatan 66, Sekip Ujung Palembang, Jumat (4/6).

"Anggota polantas yang bertugas di jalan membantu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas seharusnya dihormati bukan dicelakai dengan ditikam menggunakan pisau seperti yang dilakukan tersangka MI kepada Bripka Ridho Oktonardo," kata dia seusai menjenguk anggota polantas korban upaya pembunuhan di RS Bhayangkara Palembang, Sabtu.

Baca juga: Polantas di Palembang ditikam orang tidak dikenal

Menurut dia, untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, petugas yang melakukan pelayanan kepada masyarakat di lapangan seperti polantas dan profesi lainnya diimbau agar selalu waspada menghadapi kemungkinan adanya oknum masyarakat melakukan tindakan yang bisa membahayakan keselamatan jiwa.

"Kewaspadaan tinggi diperlukan dalam bertugas melayani masyarakat yang memiliki latar belakang budaya, pendidikan, dan ekonomi yang berbeda-beda," ujarnya.

Ia memberi peringatan keras kepada masyarakat agar tidak melakukan perbuatan melawan petugas. Tersangka pelaku upaya pembunuhan anggota Polantas Polrestabes Palembang itu harus diproses sesuai dengan ketentuan hukum.

"Siapa pun yang terbukti melakukan perbuatan melawan hukum harus ditindak tegas, sementara anggota polantas yang menjadi korban pantas diberikan penghargaan," ujarnya.

Baca juga: Anggota Satpol PP Palembang penyelamat polantas diberi penghargaan

Sementara Bripka Ridho saat dibezuk Gubernur Sumsel di RS Bhayangkara menjelaskan pada saat kejadian dirinya tengah bertugas di Pos Polisi Simpang Empat Lampu Merah Jalan Angkatan 66 Palembang, tiba-tiba dihampiri seorang pria yang tidak dikenal menanyakan arah suatu jalan.

Tanpa rasa curiga dia menjawab pertanyaan kemudian pelaku langsung menikamkan pisau ke arah leher kiri dan untungnya di lokasi kejadian ada tiga anggota Satpol PP Palembang yang membantu menyelamatkan jiwanya serta mengamankan pelaku sebelum datang Tim Jatanras Polda Sumsel, ujar korban.

Sebelumnya, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri S mengatakan pihaknya masih mengumpulkan informasi terkait kejadian dan latar belakang pelaku berinisial MI yang menikam Bripka Ridho Oktanaro.

Baca juga: Polda Sumsel dalami motif pelaku penusukan anggota Polantas

"Pelaku masih dalam pemeriksaan intensif penyidik guna mengetahui kepastian motifnya, semua informasi akan didalami termasuk pengakuannya sebagai teroris seusai melakukan penikaman," ujar kapolda.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021