Di sumur Maha-2 berhasil ditemukan gas hidrokarbon dengan ketebalan 43 meter dan karakteristik reservoir yang sangat baik di level umur Pliocene
Jakarta (ANTARA) - Pertamina Hulu West Ganal, salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), mengumumkan penemuan gas di sumur eksplorasi Maha-2 Wilayah Kerja (WK) Blok Ganal yang terletak di lepas pantai Kalimantan Timur.

Maha-2 adalah sumur eksplorasi-appraisal laut dalam (deep water) yang merupakan bagian dari komitmen pasti kegiatan pemboran di blok West Ganal.

Pemboran dimulai pada tanggal 16 April 2021 dan mencapai kedalaman akhir yaitu 2.970 meter dengan kedalaman air 1.115 meter pada tanggal 12 Mei 2021, kata Senior Manager Relations Pertamina Hulu Indonesia Farah Dewi dalam siaran pers di Jakarta, Senin,

Pertamina Hulu West Ganal adalah joint venture dengan Participant Interest 30 persen bersama Eni West Ganal Ltd. sebagai operator (40 persen) dan Neptune Energy West Ganal B.V. (30 persen).

Di sumur Maha-2 berhasil ditemukan gas hidrokarbon dengan ketebalan 43 meter dan karakteristik reservoir yang sangat baik di level umur Pliocene.

Dari hasil uji produksi yang dibatasi oleh surface facility diperoleh pencatatan aliran gas sebesar 34 mmscfd yang merupakan salah satu penemuan besar (big fish) sumber daya gas dan pertama di tahun 2021 oleh PHI.

Produksi Gas dari lapangan Maha-2 ini direncanakan disambungkan ke dalam fasilitas Jangkrik Floating Production Unit (FPU) sehingga dapat memaksimalkan sinergi dan optimasi waktu dan biaya pengembangan fasilitas subsea.

Penemuan ini sangat penting dalam mendukung pencapaian target produksi Indonesia sebesar 1 juta barel minyak per hari (bopd) dan 12,3 bcfpd gas di tahun 2030 yang sejalan dengan strategi Pertamina dalam membangun kemitraan strategis dan pengembangan migas laut dalam.

Tahun 2020, PHI mencatatkan kinerja positif dengan realisasi produksi minyak sebesar 51,9 ribu bopd dan realisasi produksi gas sebesar 728 mmscfd.

PHI sebagai Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina terus berkomitmen melakukan pemboran dengan prioritas pada aspek HSSE (health, safety, security, environment) dan operational excellence untuk menjaga keberlanjutan operasi dan produksi migas kedepan.

Baca juga: Pertamina Hulu Indonesia catatkan kinerja positif produksi migas
Baca juga: Produksi migas Pertamina Hulu Indonesia triwulan I-2021 lampaui target
Baca juga: Anggota DPR: Pengambilalihan Blok Rokan sejarah baru migas Indonesia

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021