Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan ketersediaan jalur prestasi untuk PPDB membuat siswa lebih bekerja keras agar bisa mendapatkan kuota dan berhak memilih sekolah favorit.

Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Senin, meminta agar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Periode 2021/2022 tetap memberikan kuota bagi siswa berprestasi seperti penghafal Al-Quran dan olahraga.

"Alhamdulillah, tahun ini kembali ada kuota untuk jalur prestasi, kalau perlu ditambahkan (kuotanya). Seperti untuk prestasi olahraga, penghafal Al-Quran bisa memilih sekolah yang diinginkan," ujarnya.

Hal itu akan mendorong siswa untuk terus berprestasi, katanya dalam pengarahannya pada Coffee Morning, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel.

Baca juga: Disdik Sulsel dorong guru berinovasi maksimalkan pembelajaran daring''

Baca juga: Pendaftaran tahap ke dua PPDB Sulsel dimulai


Andi Sudirman terus mendorong adanya kuota pendaftaran PPDB SMA/SMK di Sulsel bagi penghafal Al-Quran. Dirinya berharap peran perguruan tinggi juga ikut mendorong pembukaan jalur prestasi bagi penghafal Al-Qur'an.

Ia meminta Dinas Pendidikan agar pelaksanaan PPDB berjalan lancar dan tidak ada keluhan dari para orang tua murid.

"Kita ingin sistem PPDB ini berjalan baik, jangan sampai terjadi masalah, dipastikan tepat waktu dan tidak terjadi kegaduhan," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Muhammad Jufri menambahkan untuk kuota jalur prestasi sebanyak lima persen, ditambah sisa kuota jika ada yang tidak terpenuhi dari tiga jalur sebelumnya.

Dalam rangka mengurangi kendala PPDB, Dinas Pendidikan Sulsel juga menggandeng beberapa OPD terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Sosial Sulsel.*

Baca juga: Sulsel siapkan kuota perpindahan bagi siswa terdampak bencana

Baca juga: Sulawesi Selatan buka jalur prestasi PPDB 2019 untuk hafiz

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021