Disdik perpanjang waktu pendaftaran terkait adanya permasalahan PPDB

id PPDB DKI 2021,Pendaftaran PPDB Diperpanjang,Disdik DKI

Disdik perpanjang waktu pendaftaran terkait adanya permasalahan PPDB

Seorang peserta aksi berpose di depan karangan bunga, berisi kekecewaan pada sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta tahun 2020/2021, Balai Kota Jakarta, Senin (6/7/2020). ANTARA/Ricky Prayoga/am.

Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan DKI Jakarta memperpanjang waktu pendaftaran akun penerimaan peserta didik baru (PPDB) DKI Jakarta Tahun 2021 sampai dengan tanggal 10 Juni 2021 pukul 14.00 WIB terkait adanya permasalahan dalam pelaksanaan pendaftaran pada hari pertama, Senin (7/6).

Selain itu, Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah mengatakan proses pengajuan akun untuk pendaftaran PPBD Tahun Ajaran 2021/2022 pada Senin ini dihentikan sementara pada pukul 16.00-18.00 WIB.

Baca juga: Ombudsman temukan masalah dalam pendaftaran daring pertama PPDB DKI

"Sehubungan dengan optimalisasi sistem PPDB Online 2021, pada pukul 16.00-18.00 WIB 'off' dulu, setelah itu dapat melakukan pengajuan kembali dan waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai 10 Juni pukul 14.00 WIB," kata Taga dalam diskusi virtual yang digelar oleh Komisi Informasi DKI Jakarta, Senin.

Atas permasalahan yang terjadi pada sistem pendaftaran daring PPDB Senin ini, Taga atas nama Dinas Pendidikan DKI Jakarta meminta maaf atas ketidaknyamanan pelayanan pada hari pertama ini.

Baca juga: Menyambut PPDB 2021

"Kami berupaya semaksimal mungkin, namun belum optimal masih ada kekurangan. InsyaAllah kita akan terus berupaya dengan tidak bosan-bosan melakukan perbaikan," ucapnya.

Sebelumnya dikabarkan, PPDB DKI Jakarta 2021/2022 hari Senin ini mengalami kendala hingga banyak masyarakat mengeluhkan sistem 'error'.

Kemudian, kolom komentar unggahan akun Instagram @disdikdki dibanjiri keluhan. Beberapa warganet menyebut sistem Sidanira untuk membuat akun PPDB tak bisa diakses sejak pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Sudin Dukcapil Jaktim buka posko pengaduan PPDB 2021

Kemudian Pelaksana Tugas Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Slamet tak menampik bahwa ada gangguan dalam sistem pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Tahun Ajaran 2021/2022 namun, ia membantah sistem pendaftaran "down" atau mati.

Slamet menjelaskan, arus pendaftaran PPDB Jakarta pada hari pertama ini sangat tinggi. Alasannya, kata Slamet, hari ini dibuka pendaftaran untuk tingkat SMP dan SMA dari jalur prestasi.

"Karena jalur prestasi tidak mengenal zona, maka siapapun dari manapun, sepanjang itu warga DKI dan sudah terdaftar di dalam Sidanira ini melakukan pendaftaran hari ini," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia PPDB itu.

Slamet mengatakan timnya tengah berupaya mengatasi pelambatan di sistem pendaftaran tersebut. Beberapa upaya yang dilakukan, lanjut dia, seperti peningkatan "bandwidth" dan server pendaftaran PPDB.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar