Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala New York Knicks Tom Thibodeau dinobatkan sebagai pelatih terbaik NBA tahun ini pada Senin waktu setempat, menyusul keberhasilan dia membawa tim tersebut kembali ke playoff untuk pertama kalinya sejak 2013.

Thibodeau, yang ditunjuk menjadi pelatih Knicks Juli lalu, menyaksikan transformasi keberuntungan dalam musim pertamanya sebagai pelatih, membantu tim tersebut finis dengan rekor 41-31.

Ini menandai musim kemenangan pertama Knicks sejak penampilan terakhir mereka pada playoff delapan tahun lalu.

Knicks kalah pada putaran pertama playoff Wilayah Timur tahun ini oleh Atlanta Hawks.

Thibodeau, pemenang penghargaan pelatih terbaik pada 2010-2011 ketika bersama Chicago Bulls, memenangi persaingan ketat dengan pelatih Phoenix Suns Monty Williams.

Thibodeau mendapat 43 suara tempat pertama untuk mengumpulkan total 351 poin, di atas Williams, yang berada di urutan kedua dalam polling dengan 340 poin setelah mendapat 45 suara tempat pertama.

Williams gagal memperoleh penghargaan ganda setelah bulan lalu dinomatkan sebagai pelatih terbaik National Basketball Coaches Association.

Pemungutan suara pelatih terbaik tahun ini diselenggarakan oleh panel global yang terdiri atas 100 jurnalis dan penyiar olahraga, dengan pelatih memperoleh lima poin untuk setiap suara tempat pertama, tiga poin untuk setiap suara tempat kedua dan satu poin untuk setiap suara tempat ketiga.

Quin Snyder dari Utah Jazz menempati urutan ketiga dalam pemungutan suara tersebut dengan 161 poin sementara pelatih Philadelphia 76ers Doc Rivers di tempat keempat dengan 24 poin, demikian laporan AFP.

Baca juga: Tanpa Harden, Nets ungguli Bucks 2-0 dalam semifinal Wilayah Timur
Baca juga: Clippers akhirnya ke semifinal Wilayah Barat usai rampas gim terakhir
Baca juga: Hawks sikat 76ers dalam gim pertama semifinal Wilayah Timur

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021