Pj Gubernur Kalsel: Seluruh TPS telah siap laksanakan PSU

id Pemprov Kalsel,PSU

Pj Gubernur Kalsel: Seluruh TPS telah siap laksanakan PSU

PJ Gubernur Kalsel Safrizal ZA bersama rombongan meninjau TPS di tiga daerah yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU). ANTARA/HO-Humas Pemprov Kalsel/am.

Banjarmasin (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengatakan seluruh TPS di tiga daerah telah siap melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) yang ditandai dengan telah siapnya sarana dan prasarana pemungutan suara di masing-masing lokasi yang telah ditetapkan.

"Undangan kepada pemilih sudah disebar, begitu juga sarana dan prasarana juga telah siap, jadi secara umum siap menggelar PSU besok, Rabu (9/6) 2021," kata Safrizal usai meninjau ke beberapa tempat pemungutan suara (TPS) di tiga daerah yang melaksanakan PSU Pilgub Kalsel bersama Forkopimda, di Banjarmasin Selasa.

Memastikan kesiapan pelaksanaan PSU, Pj Gubernur Kalsel memantau ke sejumlah TPS bersama bersama Ketua KPU RI Ilham Saputra, Perwakilan Bawaslu RI, Danrem Antasari Brigjen Firmansyah, Wakapolda Kalsel Brigjen M Agung Budiono.

Baca juga: Ketua KPU RI harapkan tidak ada PSU susulan di Pilgub Kalsel

Selain itu, juga Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar, Ketua KPU Kalsel Sarmuji, Ketua Bawaslu Erna Kasypiah dan Kepala Kesbangpol Kalsel Heriansyah.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah TPS 03 Antasan Bondan, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Ketua KPPS setempat mengatakan, pihaknya sudah siap menggelar PSU dan seluruh undangan bagi pemilih telah dibagikan, begitu juga dengan penerapan prokes saat pelaksanaan PSU.

Lokasi kedua yang dikunjungi adalah TPS 01 Desa Mataraman, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar yang disambut Plt Camat Mataraman Agus Hidayat dan jajaran serta petugas KPPS setempat.

Baca juga: KPU RI pastikan PSU Pilgub Kalsel siap dilaksanakan

Diketahui ada 357 DPT yang terdaftar memilih di TPS 001 Mataraman, dari jumlah tersebut, empat orang meninggal dunia.

Lokasi Ketiga yang dikunjungi adalah TPS 04 Desa Pualam Sari, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, yang juga telah siap melaksanakan PSU.

Ketua KPU RI Ilham Saputra mengingatkan semua penyelenggara PSU untuk tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Petugas TPS juga dinilai sudah memahami siapa yang berhak memilih.

Secara umum keseluruhan TPS yang dipantau rombongan Pj Gubernur sudah tertata rapi dan memenuhi syarat dalam melaksanakan PSU.

Baca juga: KPU pastikan logistik telah sampai di lokasi PSU Pilgub Kalsel

Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar