Jambi (ANTARA) - Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Jambi mencatat rekor pasien sembuh di daerahnya dalam dua hari terakhir, yakni hampir mencapai 500 orang, tepatnya 471 orang pasien COVID-19.

"Rekor baru selama pandemi COVID-19 di Provinsi Jambi, tingkat kesembuhan mencapai 471 orang dalam dua hari," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Jambi Johansyah di Jambi, Senin.

Pada Sabtu (12/6) terdapat 227 orang pasien COVID-19 dinyatakan sembuh dan pada Ahad (13/6) terdapat 244 pasien yang dinyatakan sembuh.

Pasien yang dinyatakan sembuh tersebut tersebar di 10 kabupaten dan kota di daerah itu. Di antaranya di Kota Jambi 40 orang, Kota Sungai Penuh enam orang dan di Kabupaten Muaro Jambi 31 orang.

Baca juga: 2.000 pasien COVID-19 di Jambi dalam proses perawatan

Baca juga: Satgas sebut positif COVID-19 di Jambi hampir dekati 10.000 orang


Kemudian di Kabupaten Tanjung Jabung Barat 149 orang, Tebo 47 orang, Sarolangun 12 orang dan Kabupaten Merangin 65 orang. Selanjutnya di Kabupaten Batanghari 47 orang, Bungo 23 orang dan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur 63 orang.

Dengan demikian total pasien sembuh dari COVID-19 di daerah itu berjumlah 9.008 orang.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu hingga saat ini berjumlah 11.015 orang. Pasien COVID-19 yang masih menjalani proses perawatan sebanyak 1.804 orang yang tersebar di sebelas kabupaten dan kota.

"Untuk pasien COVID-19 yang meninggal bertambah dua orang dari Kota Jambi, sehingga total-nya 203 orang," kata Johansyah.

Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengapresiasi atas capaian pasien sembuh dan program pekan vaksinasi COVID-19 untuk lansia di daerah itu. Dimana pekan vaksinasi tersebut merupakan ikhtiar untuk secara signifikan mengurangi penularan COVID-19, khususnya di Jambi.

"Vaksinasi terhadap lansia tersebut merupakan wujud bakti kepada para orang tua kita dan lansia, harapannya lansia dapat terhindar dari COVID-19," kata Hari Nur Cahya Murni.

Sementara itu dari sebelas kabupaten dan kota di daerah itu satu kabupaten berada pada zona merah COVID-19 atau zona risiko tinggi penularan COVID-19 yakni Kabupaten Tebo.

Sembilan kabupaten berada pada zona oranye atau zona risiko sedang penularan COVID-19 adalah Kota Jambi, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Bungo, Merangin, Sarolangun, Batanghari, Tanjung Jabung Barat, Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Sementara Kabupaten Kerinci berada pada zona kuning COVID-19.

Satgas COVID-19 Provinsi Jambi menghimbau masyarakat di daerah itu untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara disiplin dengan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas ke luar daerah.*

Baca juga: Tanjung Jabung Barat-Jambi perketat aturan jam malam cegah COVID-19

Baca juga: Lima pasien COVID-19 di Jambi meninggal dunia

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021