PT SIER siap gelar vaksinasi gotong royong pertama di Jatim

id SIER,vaksinasi,COVID-19,vaksinasi gotong royong,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19

PT SIER siap gelar vaksinasi gotong royong pertama di Jatim

Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono saat melihat jatah Vaksinasi Gotong Royong (VGR) di kantor PT SIER, Rungkut, Kota Surabaya, Selasa (15/6/2021) (FOTO ANTARA/HO-SIER)

Surabaya (ANTARA) - PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) Surabaya menjadi kawasan industri pertama di Jawa Timur yang akan melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong (VGR) untuk penyuntikan dosis pertama pada Kamis (17/6).

Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono di Surabaya, Selasa, mengatakan periode VGR ini memakai Vaksin Sinopharm, bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero) sebagai importir tunggal vaksin yang ditunjuk pemerintah.

Baca juga: Yayasan Bersih sasar vaksinasi COVID-19 untuk disabilitas di Surabaya

"PT SIER akan melakukan vaksinasi batch pertama kepada 1.000 pekerja yang telah didaftarkan oleh perusahaan masing-masing mulai Kamis (17/6). Tiap pekerja mendapatkan dua kali penyuntikan dengan jeda 21-28 hari sejak shot pertama, sudah diterima SIER dari PT Kimia Farma Trading & Distributor sebagai distributor vaksin," katanya.

Sesuai dengan Permenkes Nomor 10 Tahun 2021 tanggal 24 Februari 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19, Vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan vaksinasi kepada pekerja yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum atau badan usaha tempat bekerja.

Baca juga: Pelaksanaan vaksinasi mandiri Jatim dijadwalkan Juli 2021

"Perusahaan di kawasan industri SIER sangat antusias untuk mengikuti program VGR ini, kami minta sabar karena permintaan perusahaan belum semua dapat dipenuhi oleh Biofarma sebagai penyedia vaksin karena terbatasnya alokasi yang tersedia dan tingginya permintaan. Kita semua tentunya berharap dan turut berdoa agar Biofarma diberi kemudahan dalam semua proses penyediaan vaksin VGR ini," kata Didik.

Kepala Departemen Klinik SIER dr. Venda Ratih menambahkan, Klinik SIER memberikan VGR ini hanya kepada para calon penerima yang sudah didaftarkan oleh perusahaan masing-masing dan Klinik SIER tidak membuka pendaftaran "on the spot".

Baca juga: Stafsus Presiden minta Jatim prioritaskan vaksinasi disabilitas

"Pelaksanaan VGR ini kami atur dengan kuota 200 (dua ratus) pekerja setiap hari, jadi diatur setiap jam sekitar 20 orang dengan 3 bilik penyuntikan," katanya.

Upaya ini, lanjut dia, dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan dapat dijalankan dengan baik. Vaksinasi akan dilakukan di Klinik SIER, Jalan Rungkut Industri Raya Nomor 10 Surabaya, mulai pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Gubernur Jatim ingatkan percepatan vaksinasi guru jelang PTM

"Semua harus terdaftar lewat website sier.id/infoVaksinSIER dan tidak melayani pendaftaran lewat datang langsung (on the spot)," ujar Venda.

Sementara itu, Kepala Divisi Jasa Penunjang PT SIER Irsyad Septian mengatakan bahwa SIER juga siap membantu memberikan penjelasan proses dan prosedur mendapatkan VGR kepada badan hukum atau badan usaha yang membutuhkan informasi lebih detail.

"Kami ada laman dan nomor hotline +62 895-3773-61699 untuk ini. Kami akan menjelaskan secara semua proses yang harus dilalui badan hukum atau badan usaha yang ingin mengikuti program VGR ini," kata Irsyad.

Baca juga: Kadin Jatim gandeng dua RS fasilitasi vaksinasi pekerja industri

 

Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar