Kodam Kasuari Papua Barat resmi terima 134 kendaraan dinas baru

id Pangdam XVIII/Kasuari,kendaraan dinas baru,kendaraan baru AD,TNI Angkatan Darat

Kodam Kasuari Papua Barat resmi terima 134 kendaraan dinas baru

Panglima Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa (tengah) mencoba motor dinas baru di lapangan Makodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat, Selasa (15/6/2021). (ANTARA/Pendam XVIII/Kasuari)

Jakarta (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari di Manokwari, Papua Barat, Selasa, resmi menerima total 134 kendaraan dinas baru untuk mendukung tugas-tugas operasional prajurit.

Kegiatan serah terima itu dipimpin oleh Panglima Daerah Militer XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa di lapangan Markas Kodam, dan dihadiri oleh Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas.

“Kita patut bersyukur, Kodam XVIII/Kasuari mendapat prioritas alokasi kendaraan yang diberikan cukup banyak dibandingkan dengan satuan-satuan lain khususnya sepeda motor,” kata Cantiasa ke jajaran prajurit, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Kodam XVIII/Kasuari yang diterima di Jakarta.

134 kendaraan tersebut merupakan bagian dari pengadaan 547 mobil dan motor dinas baru yang telah diterima oleh Markas Besar TNI Angkatan Darat di Jakarta dua bulan lalu. Dari total 547 kendaraan itu, 309 di antaranya mobil dan 238 sisanya motor.

Baca juga: Kasad pastikan pengadaan kendaraan TNI AD lebih banyak pada 2021

“Dari 238 unit sepeda motor pengadaan TNI Angkatan Darat, Kodam XVIII/Kasuari mendapatkan jatah sebanyak 121 unit sepeda motor dan 13 mobil (dari total 309 kendaraan baru),” sebut Pangdam Cantiasa.

Ia pun memerintahkan kepada jajarannya untuk memelihara dan merawat kendaraan dinas baru tersebut agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Keberadaan kendaraan ini merupakan upaya pimpinan memberi kesejahteraan bagi prajurit agar pelaksanaan tugas semakin lancar dan baik. Tugas pemimpin di samping menyiapkan prajurit yang profesional, yang paling penting memberi kesejahteraan bagi prajurit,” kata Pangdam.

Dalam keterangan yang sama, Yan Permenas, anggota DPR RI putra asli Papua, berharap kendaraan dinas baru itu diharapkan dapat membantu prajurit menciptakan perdamaian di tanah Papua Barat.

Baca juga: Kasad serahkan 547 kendaraan dinas baru ke satuan-satuan TNI AD

“Kami yakin bahwa perhatian ini bukan saja sekadar memberi dukungan kendaraan, tetapi ada motivasi yang tinggi dari pimpinan TNI Angkatan Darat kepada para prajurit bagaimana kita menciptakan damai di tanah Papua dan kita yakinkan masyarakat Papua dengan kehadiran TNI merupakan bagian dari kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat Papua,” terang Yan Permenas.

Anggota Komisi I DPR RI itu pun menegaskan pihaknya bersama pimpinan TNI Angkatan Darat akan selalu memperjuangkan kesejahteraan prajurit.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa pada April 2021 menyerahkan 547 unit kendaraan dinas baru ke perwakilan Kodam dan satuan-satuan TNI AD di Mabes AD, Jakarta.

Jumlah itu, menurut Andika, merupakan pengadaan terbesar yang pernah direalisasikan oleh TNI AD.

“Saya yakin ini pengadaan terbesar kita dalam satu kali pengadaan, pengadaan ini harusnya dilakukan sejak lama, karena memang kasihan jika melihat para pejabat Kodam contohnya, kalau harus memakai kendaraan yang tidak layak sehingga terlihat tidak pantas,” kata Andika saat upacara serah terima kendaraan di Mabes AD pada April 2021.

Baca juga: Meutya: Kendaraan dinas TNI AD bentuk apresiasi negara untuk prajurit

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar