733 warga Sunter Agung jalani vaksinasi COVID-19

id Vaksinasi COVID-19,Kasus COVID Jakarta

733 warga Sunter Agung jalani vaksinasi COVID-19

Warga menjalani vaksinasi COVID-19 di Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara, Selasa (15/6/2021). (ANTARA/HO-Lurah Sunter Agung)

Jakarta (ANTARA) - Pihak Kelurahan Sunter Agung Jakarta Utara menyasar 733 warga berusia 18 tahun ke atas menjalani vaksinasi COVID-19.

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarka mengatakan vaksinasi massal dilaksanakan serentak pada tiga lokasi, yaitu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Sunter Muara di RW 5, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sunter Agung 3 di RW 15, dan Jalan Agung Perkasa 8.

"Dari target sebanyak 1.000 orang, warga yang mengikuti vaksinasi di tiga lokasi tadi sebanyak 733 orang," ujar Danang saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Dari 733 orang tersebut, kata Danang, terdapat 21 orang yang menunda vaksinasi karena memiliki penyakit bawaan (komorbid).

Ia menambahkan, vaksinasi tersebut menggunakan sebanyak 73 vial vaksin jenis AstraZeneca.

Danang berharap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut yang gencar mampu mempercepat kekebalan komunal di Jakarta Utara, khususnya wilayah Kelurahan Sunter Agung.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan tersebut, antara lain petugas Puskesmas Kelurahan Sunter Agung, Babinsa, Binmas, pengurus RW, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum, dan pengelola RPTRA Kelurahan Sunter Agung.

Sementara itu, Saung Pelindo 2 yang berada di RT013 RW09 Komplek Pelindo 2, Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing juga menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi dinamis.

Akses yang terjangkau dari permukiman diharapkan bisa menarik minat warga Cilincing untuk mendaftarkan diri sebagai peserta vaksinasi COVID-19 kategori usia 18 tahun ke atas.

Kepala Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Rini Irsa Putry menerangkan jumlah warga yang ikut vaksinasi COVID-19 mencapai 212 orang.

Sedangkan enam tenaga kesehatan disiagakan untuk melayani masyarakat yang ikut dalam kegiatan vaksinasi dinamis.

"Sebelum divaksinasi, warga harus melalui skrining kesehatan. Jika dinyatakan sehat dan memenuhi kriteria maka warga dapat diberikan vaksin. Untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini, semua peserta yang mendaftar dapat disuntik vaksin dan tidak ada yang ditunda," ungkap Rini.

Ia mengapresiasi komponen masyarakat Cilincing dan lintas sektor yang ikut mendukung pelaksanaan vaksinasi dinamis di sejumlah lokasi.

"Sosialisasi secara door to door yang dilakukan kader dan pengurus RT/RW ke masyarakat masih terus berjalan. Kemudian Puskesmas Kelurahan Cilincing I juga mengedukasi para kader dan masyarakat tentang manfaat vaksinasi di masa pandemi COVID-19," terangnya.

Di kesempatan itu, ia juga mengimbau kepada warga untuk segera memanfaatkan program vaksinasi COVID-19.

"Jika ada keraguan dan agar tidak terpengaruh hoax bisa segera menghubungi pihak Puskesmas nanti akan diberikan informasi yang lengkap tentang vaksinasi COVID-19. Saya harap warga tidak takut lagi untuk di vaksinasi karena itu penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh," ujar Rini.

Baca juga: DPRD DKI : Presiden minta percepatan vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta
Baca juga: Vaksinasi untuk 18 tahun ke atas jadi hadiah sambut ultah DKI Jakarta
Baca juga: Jakarta kemarin, Hari Donor Darah hingga target vaksinasi COVID-19 DKI

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar