Saham Australia naik tipis terangkat keuntungan energi dan perbankan

id saham Australia,indeks ASX

Saham Australia naik tipis terangkat keuntungan energi dan perbankan

Seorang pria tengah memantau layar utama pergerakan saham Australian Securities Exchange, di Sydney, Australia. ANTARA/REUTERS/am.

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan Rabu pagi, dibantu oleh keuntungan di sektor energi dan perbankan, karena investor menahan diri dari membuat taruhan besar menjelang hasil pertemuan Federal Reserve AS kemudian hari.

Indeks acuan ASX 200 menguat 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 7.390,70 poin pada pukul 00.28 GMT. Indeks acuan naik 0,9 persen menjadi 7.379,50 poin, merupakan rekor penutupan tertinggi yang pernah ada, setelah mencapai rekor tertinggi di 7.398,60 poin di awal sesi.

Semua mata tertuju pada bank sentral AS untuk komentarnya tentang inflasi dan potensi perubahan dalam kebijakannya. Penjualan ritel yang lemah dan data inflasi yang kuat telah memicu harapan investor terhadap indikasi potensi pengurangan dukungan kebijakan.

Saham sektor energi didorong lonjakan harga minyak yang mencapai level tertinggi dua tahun di tengah ekspektasi pemulihan permintaan yang kuat.

Sub-indeks energi melonjak hingga 2,0 persen mencapai level tertinggi dalam tiga bulan, dengan produsen minyak Beach Energy dan Oil Search masing-masing terangkat 2,6 persen dan 2,9 persen.

Bank "Empat Besar" negara itu naik, dengan indeks keuangan yang lebih luas bertambah 0,6 persen.

Namun, saham sektor teknologi berkinerja terburuk, karena mereka mengikuti rekan-rekan AS lebih rendah. Sub-indeks teknologi turun sekitar 1,3 persen membatasi kenaikan pada indeks acuan.

Raksasa beli-sekarang-bayar-nanti Afterpay Ltd jatuh 2,0 persen, sementara perusahaan perangkat lunak WiseTech Global kehilangan 2,9 persen.

Saham pertambangan kelas berat turun hampir 1,0 persen karena melemahnya harga emas dan tembaga. Penambang tembaga OZ Minerals anjlok 4,9 persen menjadi pecundang teratas sementara Evolution Mining yang berfokus pada emas kehilangan 1,4 persen.

Saham sektor emas turun sekitar 0,6 persen di tengah harga emas yang lebih lemah, dengan penambang emas Northern Star turun hampir 1,0 persen dan Newcrest Mining turun 0,6 persen.

Di Selandia Baru, indeks acuan S&P/NZX 50 turun 0,3 persen menjadi diperdagangkan pada 12.659,30 poin. Di pasar lain, indeks acuan Nikkei Jepang tergelincir 0,1 persen menjadi 29.407,37 poin, sedangkan indeks berjangka E-mini S&P 500 naik 0,04 persen.

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar