Sebarluaskan layanan 4G, Pemerintah bangun 421 BTS di NTT

id Gernas BBI, Menkominfo,Menteri Kominfo

Sebarluaskan layanan 4G, Pemerintah bangun 421 BTS di NTT

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sedang berdialog dengan pembeli di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (17/6/2021). ANTARA/Bernadus Tokan

Kupang (ANTARA) - Pemerintah pusat dalam tahun 2021 ini akan membangun 421 Base Transceiver Station (BTS) pada desa-desa yang tersebar di 16 kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan tujuan antara lain menyebarluaskan layanan 4G.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam wawancara dengan ANTARA di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis, menyatakan bahwa selain membangun BTS, pemerintah juga akan mengembangkan akses internet melalui satelit untuk layanan publik khusus, seperti layanan publik ke pusat-pusat kesehatan masyarakat dalam rangka untuk membantu pelayanan kesehatan dan pendidikan.

"Kami akan membangun lebih dari 400 BTS di seluruh desa dan kelurahan di NTT yang selama ini belum tersedia layanan 4G, sekaligus di kesempatan yang sama mengembangkan akses internet melalui satelit untuk layanan publik khusus seperti layanan publik ke pusat-pusat kesehatan masyarakat dalam rangka untuk membantu 'tele health' dan 'tele education' untuk pendidikannya," kata Johnny G Plate.
Baca juga: Menkominfo dorong penyiapan talenta digital melalui pelatihan

Menkominfo mengatakan, program-program ini disiapkan dalam satu paket besar di sisi infrastruktur.

Ia memaparkan, daerah-daerah yang menjadi sasaran pembangunan BTS ini adalah Kabupaten Alor 33 BTS, Ende 59 BTS, Kupang 24 BTS, Lembata 31 BTS, Manggarai 31 BTS, Manggarai Barat 24 dan Manggarai Timur 66 BTS.

Selain itu, Kabupaten Nagekeo dan Sumba Barat Daya masing-masing 1 BTS, Rote Ndao 15 BTS, Sabu Raijua 3 BTS, Sumba Barat 4 BTS, Sumba Tengah 21 BTS, Sumba Timur 89 BTS, Timor Tengah Selatan 15 BTS dan Timor Tengah Utara 4 BTS.

Baca juga: Gernas BBI Labuan Bajo pakai jaringan 5G berkecepatan hampir 900 Mbps

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar