Kapolda Kalsel sebut kondusivitas terjaga setelah pleno PSU pilgub

id Psu kalsel, pilgub kalsel, polda kalsel

Kapolda Kalsel sebut kondusivitas terjaga setelah pleno PSU pilgub

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto bersama Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel Safrizal. ANTARA/Firman

Banjarmasin (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Rikwanto mengatakan kondusivitas daerah ini terjaga setelah rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel pada 9 Juni 2021 lalu dilaksanakan Kamis, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Alhamdulillah situasi kamtibmas sepanjang Kamis siang hingga malam hari ini terpantau kondusif, tak ada gejolak ataupun adanya gangguan keamanan," ujar Rikwanto, di Banjarmasin, Kamis malam.

Meski situasi terbilang terkendali, namun Rikwanto memastikan anggotanya terus bersiaga memantau perkembangan di lapangan. Selain pengamanan secara terbuka, tim khusus juga diterjunkan secara tertutup.

"Saya tekankan kepada anggota agar deteksi dini, jangan situasi yang landai-landai ini membuat kita lengah," katanya pula.

Kepada tim pasangan calon yang berebut tahta Kalsel 1, Kapolda pun mengingatkan untuk tetap sama-sama menahan diri dan mengedepankan nilai-nilai demokrasi serta semangat persatuan di atas segalanya.

"Jika pun ada pihak keberatan dari hasil yang ditetapkan KPU hari ini, maka ada jalur hukum bisa ditempuh. Sedangkan bagi kubu yang unggul, jangan ada euforia," kata dia.

Dalam mengamankan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil PSU Pilgub Kalsel yang berlangsung di Hotel Gsign Banjarmasin, Polda Kalsel mengerahkan 172 personel, yaitu 122 anggota Polri dibantu 50 prajurit TNI.

Polisi juga menyiagakan kendaraan taktis penghalau massa jika situasi tak diinginkan terjadi. Sistem keamanan pun dilaksanakan secara ketat dan berlapis mulai pemeriksaan dengan metal detektor setiap undangan yang masuk ruang acara hingga penerapan protokol kesehatan melalui tes cepat antigen COVID-19.

Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi, KPU Kalsel menetapkan petahana paslon 01 Sahbirin Noor-Muhidin total meraih sebanyak 871.123 suara. Sedangkan paslon 02 Denny Indrayana-Difriadi Darjat meraup 831.178 suara. Terdapat selisih 39.945 suara dari total pemilih sah 1.702.301 orang di 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.
Baca juga: Menjaga tradisi pilkada damai di Kalsel
Baca juga: Denny Indrayana buka opsi gugat hasil PSU Pilgub Kalsel ke MK

Pewarta : Firman
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar