Wapres harap Kilau Digital Flobamora dukung pemulihan ekonomi nasional

id Wapres,Ma'ruf Amin,Menkominfo,Johnny G Plate,Flobamora,digital

Wapres harap Kilau Digital Flobamora dukung pemulihan ekonomi nasional

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan pidato kunci pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia “Kilau Digital Permata Flobamora” Nusa Tenggara Timur Tahun 2021 secara virtual dari kediaman dinas wapres di Jakarta, Jumat (18/6/2021). (Asdep KIP Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) “Kilau Digital Flores, Sumba, Timor dan Alor (Flobamora)" dapat mendukung program pemerintah untuk memulihkan ekonomi dan pariwisata nasional yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan hasil yang nyata guna mendukung pemulihan ekonomi nasional pascapandemi, serta mendukung pemulihan pariwisata nasional, khususnya destinasi super prioritas Labuan Bajo," kata Wapres Ma’ruf saat memberikan pidato kunci secara virtual dari Jakarta, Jumat.

Dalam acara tersebut, Wapres juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memberikan akses digital kepada pelaku UMKM di NTT.

Baca juga: Wapres minta UMKM utamakan produk dalam negeri
Baca juga: Wapres: Globalisasi jadi tantangan pertahanan dan keamanan negara
Baca juga: Wapres minta Menkeu konsolidasi dana untuk pembangunan Papua


"Di tahun 2020 lalu, Gernas BBI telah berhasil mengikutsertakan 3,7 juta unit UMKM bergabung dengan platform online untuk memasarkan produknya," tambahnya.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, Wapres mengatakan manfaat yang dirasakan oleh pelaku UMKM dapat lebih banyak, sehingga upaya memulihkan ekonomi nasional dapat cepat mencapai hasil.

"Pemasaran produk UMKM secara online mampu menciptakan multiplier effects yang memberikan manfaat lebih besar lagi bagi para pelaku UMKM, sehingga mampu menyumbang pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian nasional," jelasnya.

Sementara itu, Kemenkominfo telah menyiapkan program pelatihan digital yang diberikan bagi 100.000 orang setiap tahun.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan program pelatihan tersebut diberikan untuk tingkat dasar dan keahlian menengah, seperti cloud computing, artificial intelligent, big data dan virtual augmented.

"Sasarannya untuk anak-anak berijazah sekolah menengah atas (SMA) dan para sarjana kita," kata Johnny di Labuan Bajo, Kamis (17/6).


Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar