Jakarta sepekan, dari kasus COVID-19 sampai rem darurat

id COVID-19 Jakarta,Faskes COVID-19 Jakarta,PPKM Mikro,Percepatan Vaksinasi COVID-19,Pembelajaran Tatap Muka,RW Zona Merah,Target Vaksinasi,Rem Darurat C

Jakarta sepekan, dari kasus COVID-19 sampai rem darurat

Suasana lengang di Gang Haji Usman Tepos yang diberlakukan karantina di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta, Minggu (30/5/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting dan menarik mewarnai pemberitaan terkait Jakarta sejak 8 hingga 12 Juni 2021 oleh redaksi Metropolitan ANTARA dan masih layak dibaca pada Sabtu ini.

Informasi tersebut, di antaranya peningkatan kasus COVID-19 di DKI Jakarta, percepatan vaksinasi, hingga soal "rem darurat" di DKI Jakarta.

Berikut rangkuman berita tersebut : 

1. Anies nyatakan peningkatan kasus COVID-19 tinggi imbas libur Lebaran

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tingginya peningkatan kasus COVID-19 di Ibu Kota saat ini merupakan imbas dari libur Lebaran 2021 yang mengakibatkan gelombang baru peningkatan kasus COVID-19.

"Lonjakan baru dirasakan akhir-akhir ini, namun ini bukan hanya di Jakarta saja, tapi juga berbagai wilayah di Indonesia," kata Anies saat ditemui di Lapangan Blok S, Jakarta, Minggu malam.

Selengkapnya di sini.

2. Anies: Faskes DKI kewalahan tangani COVID-19 tanpa disiplin prokes

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan fasilitas kesehatan di Ibu Kota bisa kewalahan mengatasi pandemi COVID-19 jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Kita berpotensi menghadapi kesulitan, karena fasilitas kesehatan mungkin akan menghadapi jumlah tak terkendali apabila pasien, jumlah orang yang harus ditangani makin meningkat secara drastis," kata Anies dalam apel Operasi Yustisi di Lapangan Blok S, Jakarta, Minggu malam.

Selengkapnya di sini.

3. DKI perpanjang PPKM Mikro seiring tingginya kasus aktif

Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang kembali kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga 28 Juni 2021 seiring tingginya kasus aktif dalam beberapa pekan terakhir imbas libur Lebaran.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Selasa, menyebutkan perpanjangan PPKM Mikro diputuskan melalui Kepgub No. 759 Tahun 2021 dan Ingub Nomor 39 Tahun 2021 karena peningkatan kasus aktif di Ibu Kota menunjukkan tren mengkhawatirkan pascalibur Lebaran.

Selengkapnya di sini.

4. DKI tambah lokasi tarif parkir tertinggi kendaraan tak lolos uji emisi

Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan melalui Unit Pengelola (UP) Perparkiran DKI Jakarta kembali membahas rencana penambahan lokasi pemberlakuan tarif parkir tertinggi bagi kendaraan yang belum atau tak lolos uji emisi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Lupito mengatakan rencananya ada tiga lokasi parkir baru dengan tarif tertinggi bagi kendaraan yang belum atau tak lolos uji emisi.

Selengkapnya di sini.

5. Percepat vaksinasi, Anies ajak warga daftar vaksinasi secara daring

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Ibu Kota untuk mendaftar vaksinasi secara daring (online) guna mempercepat proses vaksinasi sesuai instruksi pemerintah pusat.

Ajakan ini disampaikan oleh Anies dalam sebuah rekaman video yang membicarakan sebuah solusi bagi masyarakat yang hendak mengikuti vaksinasi namun mengalami kebingungan untuk mendaftar.

Selengkapnya di sini.

6. RSUD Kramat Jati rekrut relawan antisipasi penambahan pasien COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kramat Jati Jakarta Timur merekrut sebanyak 31 relawan terdiri dari 27 perawat dan empat dokter sebagai langkah antisipasi penambahan pasien COVID-19.

Selain kesiapan terhadap tenaga kesehatan, RSUD Kramat Jati juga sudah siap terhadap seluruh fasilitas prasarana dan sarana kesehatan yang sudah disediakan Pemprov DKI Jakarta sejak September 2020.

Selengkapnya di sini.

7. DKI putuskan hentikan uji coba PTM seiring naiknya kasus COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) yang saat ini tengah berjalan di 226 sekolah di Ibu Kota menyusul semakin tingginya kasus COVID-19.

Hal ini terungkap dalam Surat Pemberitahuan Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 8057/-1.851 yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana pada Kamis (17/6).

Selengkapnya di sini.

8. Anies berlakukan 75 persen WFH perkantoran di zona merah Ibu Kota

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 759 Tahun 2021 terkait pemberlakuan aturan jumlah karyawan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) sebesar 75 persen khusus perkantoran yang berada di zona merah Ibu Kota.

Dengan demikian, perkantoran di zona merah hanya boleh mempekerjakan karyawan di kantor (Work From Office/WFO) sebesar 25 persen dari total karyawan secara keseluruhan selama 14 hari ke depan atau sejak 15 hingga 28 Juni 2021.

Selengkapnya di sini.

9. 82 RW di DKI Jakarta masih berstatus zona merah

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 82 Rukun Warga di DKI Jakarta sampai saat ini berstatus zona merah dengan kondisi bernama wilayah pengendalian ketat (WPK).

Berdasarkan data dari laman corona.jakarta.go.id, Jumat, sebaran zona merah di Jakarta yang ditetapkan untuk periode 14-20 Juni ada di 82 rukun warga (RW) dan 3.486 RT di seluruh wilayah Kabupaten/Kota DKI Jakarta.

Selengkapnya di sini.

10. Pemprov DKI targetkan 100 ribu vaksinasi COVID-19 per hari

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan 100 ribu warga divaksin COVID-19 per hari sebagai upaya mengendalikan penyakit dari virus SARS CoV-2 itu.

"Kami meningkatkan 100 ribu (vaksinasi) per hari. Kemarin sudah tercapai 102 ribu vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

11. Anies: Malam ini penindakan tanpa kompromi

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, mulai Jumat malam penindakan atas berbagai pembatasan kegiatan di Ibu Kota dilakukan tanpa kompromi.

"Seluruh jajaran yg hadir di sini Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, termasuk jajaran Pemprov DKI, kita semua turun ke lapangan, malam ini lakukan operasi pendisiplinan tanpa kompromi," kata Anies di Monas, Jumat petang.

Selengkapnya di sini.

12. DKI tunggu putusan pemerintah pusat untuk tarik "rem darurat"

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunggu keputusan dari pemerintah pusat untuk mengambil kebijakan "rem darurat" ataupun hingga kebijakan "lockdown" terkait kasus COVID-19 di Jakarta yang meningkat signifikan.

"Nanti kita akan pelajari, tunggu keputusan pusat ya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Jumat malam.

Selengkapnya di sini.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar