Jakarta (ANTARA) - Suara bising yang berada di dalam kendaraan akibat getaran dari kendaraan yang membuat pengendara dan juga penumpang menjadi tidak nyaman kini bisa dicegah dengan membuat peredam yang dapat dilakukan secara mandiri.

Berikut cara membuat peredam dalam kabin dikutip dari laman resmi dari Auto2000 pada Senin:

Baca juga: Ini cara kendaraan metik parkir paralel agar tidak mengganggu

1. Memasang Busa Peredam Suara di Lantai Kendaraan Anda
Lantai mobil Anda memiliki luas permukaan yang sangat luas serta paling dekat dengan roda dan axle roda kendaraan Anda. Artinya, getaran berjalan langsung menuju lantai mobil yang menciptakan banyak kebisingan di dalam mobil.

Cara terbaik untuk meminimalkan getaran yang mengalir adalah dengan meletakkan alas peredam suara atau busa pelindung. Benda ini akan menyerap getaran dari lantai dan secara signifikan mengurangi kebisingan jalan.

"Banyak orang hanya menutupi area pengemudi dan penumpang depan saja. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda juga harus menutupi area belakang dan bagasi mobil jika memungkinkan," tulis Auto2000 dalam laman resminya, dikutip Senin.

2. Lindungi Pintu Mobil Anda dengan Insulasi
Banyak mobil memiliki pintu yang sangat tipis dengan sekat yang minimal, seperti hanya ada rongga kosong di dalamnya. Mengisolasi pintu akan dapat memberikan dampak yang besar pada volume kebisingan di dalam kendaraan Anda. Untuk menginsulasi pintu, pertama-tama Anda perlu melepas panel bagian dalam.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mencari dan membuka semua sekrup di bagian dalam pintu kendaraan yang akan mengekspos bagian dalam pintu. Ukur seberapa banyak insulasi yang dibutuhkan, selanjutnya pasang insulasi pilihan Anda.

Pastikan insulasi bisa menutupi pintu sebanyak mungkin dengan berhati-hati untuk menghindari bagian yang bisa bergerak seperti mekanisme kunci dan jendela.

Baca juga: Tips memilih aksesoris pada kendaraan

3. Insulasi Atap Kendaraan
Seperti halnya pintu, atap mobil memiliki sekat minimal. Dengan menerapkan insulasi, Anda dapat mengurangi banyak kebisingan pada kendaraan dan menciptakan perjalanan yang lebih tenang. Selain itu, hal ini juga bisa membantu mencegah panas masuk ke dalam mobil, sehingga membuat kendaraan lebih nyaman untuk dikendarai.

Caranya, gunakan bahan peredam suara pilihan Anda. Gunakan bahan yang memiliki penyangga yang dapat dikupas dan lengket untuk pemasangan yang paling mudah. Lepaskan headliner kain, lalu berhati-hatilah agar bahan tidak rusak karena nantinya akan dipasang kembali.

Selanjutnya, ukur atap, terapkan pengukuran pada bahan peredam suara, dan potong sesuai ukuran, lalu pasang.

4. Mengganti Ban Anda
Percaya atau tidak, ban yang sedang digunakan mungkin menyebabkan kebisingan pada mobil Anda. Ban berdampak besar pada kebisingan di jalan raya. Hal ini karena ban menjadi satu-satunya bagian dari mobil Anda yang menyentuh tanah. Jadi getaran dari jalan serta ban itu sendiri akan bisa menembus masuk ke mobil Anda.

Oleh karena itu, mengganti ban secara efektif dapat membuat kegiatan berkendara Anda jadi lebih nyaman. Gunakan ban dengan ukuran yang sesuai dengan mobil.


Baca juga: Kenali tujuh penyebab suara mesin mobil berdengung saat digas

Baca juga: Suara senyap dari kendaran EV harus diperhitungkan kembali

Baca juga: Fitur audio Sennheiser, tiap kursi mobil hasilkan suara berbeda
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021