Jakarta (ANTARA) - Georginio Wijnaldum mencetak dua gol pada babak kedua ketika Belanda menaklukkan Makedonia Utara 3-0 guna mempertahankan rekor sempurna mereka dalam perjalanan ke babak knockout Piala Eropa, Senin malam.

Belanda sudah memastikan menjadi juara Grup C setelah mengalahkan Ukraina dan Austria. Mereka akan bermain dalam babak 16 besar di Budapest, Hungaria, melawan salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup D, E atau F.

Makedonia Utara yang sudah terlempar dari perburuan 16 besar setelah kalah dua kali berturut-turut mengawali pertandingan dengan lebih baik ketika gol Ivan Trickovski dianulir karena sebelum Aleksandar Trajkovski melepaskan tendangan yang membentur tiang gawang dari jarak 20 yard.

Namun tim asuhan Igor Angelovski terpukul oleh serangan bali Belanda ketika striker PSV Eindhoven Donyell Malen merangsek ke depan untuk merancang gol yang dilesakkan Memphis Depay menjadi gol keduanya dalam turnamen ini.
 
Pemain Belanda Memphis Depay dan Frenkie de Jong berebut bola dengan pemain Macedonia Utara Arijan Ademi dan Darko Velkovski pada pertandingan fase grup Piala Eropa 2020 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Belanda, Senin (21/6/2021). Hingga turun minum kedudukan 1-0 untuk Belanda. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Olaf KraakPool/rwa.


Baca juga: Austria dan Belanda sama-sama unggul 1-0 di babak pertama
Baca juga: Belanda tidak akan lakukan banyak perubahan lawan Makedonia Utara

Wijnaldum menggandakan kedudukan setelah melepaskan tendangan dari jarak dekat dan kemudian mengubah lagi kedudukan menjadi 3-0 sebelum laga memasuki tepat satu jam. Hasil ini sudah mustahil dikejar Makedonia Utara.

Dalam pertandingan ini, pemain Makedonia Utara Goran Pandev mendapatkan penghormatan guard of honour dari rekan-rekan satu timnya ketika digantikan sepuluh menit kemudian.

Laga melawan Belanda ini memang merupakan laga terakhirnya dalam kancah internasional setelah menyatakan mundur dari timnas akhir pekan lalu.

Baca juga: Preview Euro 2020: Belanda vs Makedonia Utara
Baca juga: Data dan fakta timnas Belanda di Euro 2020

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021