Satgas TNI bersama warga Kutdoi Oksibil membersihkan jalan Trans Papua

id Satgas Pamtas Yonif 403,Kodam XVII/Cenderawasih,Dansatgas Yonif 403 Letkol Ade Pribadi Siregar,jalan trans papua

Satgas TNI bersama warga Kutdoi Oksibil membersihkan jalan Trans Papua

Satgas TNI Pamtas Yonif 403 bersama warga Kampung Kutdoi, Distrik Oksibil membersihkan batu-batu di jalan Trans Papua untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan di kampung perbatasan RI-PNG. ANTARA News Papua/HO-Pendam XVII/Cenderawasih

Oksibil,Pegunungan Bintang (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista bersama warga Kampung Kutdol bergotong royong membersihkan jalan Trans Papua di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

Komandan Satuan Tugas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan diterima ANTARA, Selasa, menjelaskan kegiatan gotong royong pembersihan jalan Trans Papua itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan serta menciptakan lingkungan rapi, indah, dan nyaman.

"Ini adalah salah satu bentuk karya bakti dan sinergitas TNI dengan rakyat serta sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, sehingga terwujud kebersamaan yang solid dalam memajukan tanah Papua ini," ujar Dansatgas.

Secara terpisah, Danki Poskoki Oksibil Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Lettu Inf Imam Musta’in mengatakan dalam kegiatan kali ini bukan hanya prajurit TNI yang terlibat, tetapi terlihat pula masyarakat Kampung Kutdol yang juga ikut berpartisipasi membersihkan jalan Trans Papua yang melintas di kampung mereka.

Dalam kegiatan tersebut, menurutnya lagi, fokus pembersihan adalah merapikan batu-batu di jalanan serta pembersihan sektor sisi kanan dan kiri jalan.

"Sasaran kerja gotong royong ini adalah merapikan batu-batu di jalanan dan pembersihan sektor kanan kiri jalan, saluran-saluran air yang terhambat, pemangkasan rumput dan ranting pohon yang membahayakan bagi masyarakat pengguna jalan," ujar Lettu Imam.

Imam berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menambah kedekatan dan hubungan baik antara TNI dengan masyarakat.

"Kami mengapresiasi semangat gotong royong warga di sini, yang dengan semangat antusias secara swadaya membawa alat masing-masing dari rumah untuk melaksanakan gotong royong pembersihan jalan di kampung untuk melaksanakan pembersihan jalan," katanya pula.

Salah satu warga Kampung Kutdol Michael Jawakal (34) menyampaikan rasa terima kasihnya dan bangga atas apa yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Koki Oksibil yang dengan tulus dan ikhlas membantu warga membersihkan jalan Trans Papua ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang dengan tulus dan ikhlas membantu warga kami membersihkan jalan yang menjadi akses utama kami sehari-hari baik untuk berkebun atau pun ke pasar," ujar Michael.
Baca juga: Jalan Trans Papua di perbatasan Papua Barat segera diaspal
Baca juga: Jalan Trans Papua arah Keerom terputus akibat tergenang air

Pewarta : Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar