Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan peran tenaga kesehatan (nakes) saat meninjau isolasi terpusat orang tanpa gejala (OTG) dan Kelurahan Rorotan di wilayah Cilincing, Jakarta Utara bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Pentingnya peran petugas kesehatan untuk melakukan pemilahan terhadap masyarakat yang terpapar virus COVID-19 dalam kategori tidak bergejala dan bergejala," kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa malam.

Tidak hanya itu, kata Sigit, perlu adanya penambahan jumlah nakes yang bertugas di isolasi terpusat OTG Rusun Nagrak, Jakarta Utara.

Baca juga: Kapolri paparkan langkah pengendalian COVID-19 di Bangkalan

Menurut dia, penambahan nakes diperlukan apabila Rusun Nagrak difungsikan sebagai tempat isolasi mandiri terpadu.

"Perlu penambahan 10 dokter dan 50 perawat. Lalu sarana untuk masyarakat melakukan isolasi mandiri seperti velbed dan lain-lain sudah terpenuhi," kata Sigit.

Usai meninjau Rusun Nagrak, Kapolri, Panglima, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau Posko PPKM Mikro Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Pada kesempatan itu, Kapolri, Panglima, dan Menkes menekankan soal pentingnya pendampingan para Babinsa, Babinkamtibmas, puskesmas, dan petugas kelurahan dalam penganan masyarakat terdampak COVID-19 di wilayah itu.

Baca juga: Kapolri minta Pemprov DKI menyiapkan 31 wilayah isolasi terpadu

"Harapannya perlu ada pendampingan oleh petugas Babinsa dan Babinkabtimas, puskesmas kelurahan, dan petugas kelurahan," kata Sigit.

Selanjutnya rombongan meninjau Posko PPKM Mikro Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Di lokasi itu, Sigit memberikan pesan agar ada pengawasan ketat oleh pihak setempat terhadap masyarakat yang ketika Lebaran nekat mudik.

"Kelurahan Gandaria termasuk yang angka positif mengalami kenaikan setelah balik dari mudik Lebaran," ujar Sigit.

Disisi lain, mantan Kapolda Banten ini mengapresiasi adanya sinergitas antara Polri, TNI, dan pemerintah daerah di Posko PPKM. Namun, soal data perkembangan COVID-19 di wilayah tersebut masih harus diperbaiki.

Baca juga: Kapolri-Panglima dengarkan curhat warga Bangkalan terdampak COVID-19

"Pola penanganan di PPKM mikro ini sudah bagus adanya koordinasi antara lurah, petugas kesehatan, Babinkamtibmas dan Babinsa. Namun datanya perlu dilegkapi lagi," kata Sigit.

Rombongan Panglima TNI, Kapolri, dan Menteri Kesehatan melanjutkan peninjauan Posko PPKM Mikro di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021