Jakarta (ANTARA) - Manajer timnas Inggris Gareth Southgate menyatakan, absennya Mason Mount dan Ben Chilwell saat Inggris menang 1-0 melawan Republik Ceko adalah aneh setelah kedua pemain itu diwajibkan untuk isolasi mandiri karena memiliki riwayat kontak dengan pemain Skotlandia Billy Gilmour.

Pihak timnas Inggris mengatakan sebelum pertandingan Selasa itu bahwa hasil tes seluruh skuad dan staf terbukti negatif COVID-19 tetapi Mount dan Chilwell mesti mengisolasi diri sampai 28 Juni setelah kontak dengan Gilmour yang rekan satu timnya di Chelsea.

Mount dan Chilwell terfoto bersama Gilmour setelah pertandingan antara Inggris dan Skotlandia yang berakhir seri 0-0 akhir pekan lalu.

Tidak ada satu pun pemain Skotlandia yang diharuskan isolasi mandiri setelah Gilmour dinyatakan positif COVID-19 pada Senin.

"Jujur saja saya sama sekali tak paham. Ada tim yang datang menggunakan pesawat, bus, di ruang tertutup selama berjam-jam," kata Southgate kepada ITV seperti dikutip Reuters.

"Itu sangat mengecewakan para pemain. Ini situasi yang benar-benar aneh. Mereka menghabiskan waktu 120 detik di ruangan yang sangat terbuka," sambung Southgate. "Ini kontradiktif sekali bagi saya."

Inggris yang finis memuncaki Grup D akan menghadapi runner Grup F yang kemungkinan besar Prancis, Portugal atau Jerman, dalam babak 16 besar pada 29 Juni.

Baca juga: Preview Euro 2020: Portugal vs Prancis
Baca juga: Preview Euro 2020: Jerman vs Hungaria
Baca juga: Preview Euro 2020: Spanyol vs Slovakia

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021