Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjalin kerja sama dengan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia terkait upaya meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemendagri dan pemerintah daerah, terutama dalam hal perencanaan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan kerja sama diresmikan lewat penandatanganan nota kesepahaman.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori bersama Ketua Umum IAP Indonesia Hendricus Andy Simarmata.

"Hari ini kita menandatangani nota kesepahaman, jadi nota kesepahaman ini kan bentuk konkret wujud kerja sama, ini kerja sama lembaga dan lembaga, artinya Kemendagri dengan IAP," tutur Hudori.

Hudori menekankan, kerja sama itu harus dilanjutkan dengan langkah konkret yang bisa dilakukan dengan para komponen Kemendagri.

Baca juga: Kemendagri gelar seminar kesehatan tingkatkan pemahaman bahaya narkoba

Baca juga: Kemendagri terbitkan rencana aksi untuk optimalkan pengelolaan aset


Dia menyampaikan organisasi IAP telah tersebar di 31 provinsi se-Indonesia. Meski jumlahnya belum menjangkau ke seluruh provinsi, Hudori meyakini organisasi tersebut memiliki jaringan yang luas.

Kemudian, Sekjen Kemendagri itu menyampaikan apresiasi atas terlaksananya penandatanganan kerja sama antara Kemendagri dan Ikatan Ahli Perencanaan.

Penandatanganan kerja sama tersebut digelar di Ruang Rapat Sekretaris Jenderal Kemendagri pada Rabu 23 Juni 2021.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021