Jakarta (ANTARA) - Tim-tim unggulan yang berada di Grup F Euro 2020, yakni Prancis, Portugal dan Jerman, tetap melaju ke babak 16 besar dari grup yang disebut-sebut sebagai grup neraka tersebut.

Portugal yang berstatus juara bertahan turnamen membuka rangkaian Grup F dengan kemenangan telak 3-0 atas Hongaria berkat tiga gol menit-menit akhir di Budhapest, pada Selasa (15/6).

Beberapa jam kemudian, sebuah gol bunuh diri Mats Hummels jadi pembeda antara Prancis dengan Jerman di mana sang juara dunia Prancis meraih kemenangan tipis 1-0 di Muenchen.

Baca juga: Portugal awali Euro dengan kemenangan besar 3-0 atas Hungaria
Baca juga: Gol bunuh diri Hummels membuat Prancis menang 1-0 atas Jerman

Putaran kedua Grup F berlangsung pada Sabtu (19/6) di mana Prancis dikejutkan oleh Hongaria dan hanya meraih hasil imbang 1-1 ketika tampil di bawah tekanan publik Puskas Arena yang terisi penuh.

Sekira tiga jam berselang, Jerman menuntaskan kebangkitan mereka dari kekalahan di laga pertama untuk melumat Portugal 4-2 diwarnai dua gol bunuh diri dari Ruben Dias serta Raphael Guerreiro di Muenchen.

Sebelum putaran ketiga dimainkan, hasil laga pemungkas Grup A s.d. C memastikan Prancis lolos ke babak 16 besar setidaknya sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup.

Baca juga: Prancis tersandung Hungaria setelah ditahan seri 1-1
Baca juga: Jerman pelihara asa dengan hancurkan Portugal 4-2


Kendati demikian tim besutan Didier Deschamps itu belakangan lolos sebagai jawara grup seusai bermain imbang 2-2 melawan Portugal di Budhapest pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Semua gol di pertandingan itu berkenaan dengan keputusan wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz dan VAR, yang menghasilkan tiga penalti, dua untuk Portugal dikonversi Cristiano Ronaldo dan satu bagi Prancis dieksekusi Karim Benzema. Benzema juga mendapatkan satu golnya disahkan VAR setelah sempat dianulir hakim garis.

Berbarengan dengan hasil tersebut di Muenchen, Jerman nyaris jadi korban kejutan Hongaria karena tertinggal 1-2 dari tamunya itu hingga memasuki 10 menit akhir pertandingan.

Pada menit ke-74 Leon Goretzka menjadi pahlawan Jerman, menyamakan kedudukan 2-2 yang bertahan hingga akhir, memastikan langkah tim besutan Joachim Loew ke babak 16 besar.

Prancis menjadi juara Grup F dengan raihan lima poin, diikuti Jerman sebagai runner-up berbekal keunggulan head-to-head atas Portugal meski sama-sama mengoleksi empat poin.

Portugal tetap lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dan berpeluang mengulangi skenario serupa lima tahun silam ketika mereka lolos dari fase grup sebagai peringkat ketiga dan berakhir menjadi juara turnamen.

Baca juga: Jerman redam perlawanan Hongaria 2-2 demi lolos ke 16 besar
Baca juga: Imbangi Prancis 2-2, Portugal lolos sebagai peringkat ketiga terbaik


Berikut hasil lengkap pertandingan Grup F:

Hongaria 0 - Portugal 3 (Raphael Guerreiro 84', Cristiano Ronaldo p-87', 90+2')
Prancis 1 - Jerman 0 (Mats Hummels bd-20')
Hongaria 1 - Prancis 1 (Attila Fiola 45+2'; Antoine Griezmann 66')
Portugal 2 - Jerman 4 (Cristiano Ronaldo 15', Diogo Jota 67'; Ruben Dias bd-35', Raphael Guerreiro bd-39', Kai Havertz 51', Robin Gosens 60')
Jerman 2 - Hongaria 2 (Kai Havertz 66', Leon Goretzka 84'; Adam Szalai 11', Roland Sallai 68')
Portugal 2 - Prancis 2 (Cristiano Ronaldo p-30', p-60'; Karim Benzema p-45+2', 47')

Klasemen akhir Grup F


Baca juga: Ringkasan Grup E: Spanyol hanya jadi runner-up di bawah Swedia
Baca juga: 12 tim yang lolos ke-16 besar Euro 2020, 4 jatah lagi jadi rebutan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021